Kami kecewa setelah berada di taman Jam Gadang karena terlalu banyaknya pedagang dadakan berjualan,"
Bukittinggi (ANTARA News) - Sebagaian besar pengunjung berwisata ke Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mengeluhkan keberadaan pedagang dadakan di ojek wisata di taman Jam Gadang.

"Kami kecewa setelah berada di taman Jam Gadang karena terlalu banyaknya pedagang dadakan berjualan," kata Sulistio, pengunjung dari Lampung, Sabtu.

Pemkot agar menertibkan pedagang dadakkan berjualan di taman Jam Gadang supaya wisatawan merasa nyaman berada di taman Jam Gadang," dia berharap.

Dia menilai, taman Jam Gadang tidak ubahnya seperti pasar di mana banyak pedagang dadakan berjualan.

Pengujung dari Pekanbaru, Lukman, mengaku kecewa dengan kondisi taman Jam Gadang yang semrawut, karena pedagang dadakan dibiarkan berjualan yang terkelola dengan baik.

"Pemkot sini terkesan tidak punya daya untuk mengatasi pedagang dadakan yang berjualan di taman Jam Gadang. Harusnya, Pemkot memikirkan untuk mencarikan tempat berjualan yang representatif untuk pedagang," kata dia.

Ia menilai, objek wisata taman Jam Gadang seolah-oleh ibarat pasar di mana pedagang leluasa untuk berjualan.

Taman Jam Gadang sepanjang Sabtu, tampak semrawut akibat pedagang dadakan hampir memenuhi seluruh areal taman untuk berjualan.

Satuan Polisi Pamong Praja terkesan tidak berdaya menertibkan mereka. Kondisi itu menciptakan suasana tidak nyaman bagi wisatawan yang pada umumnya berasal dari luar Sumatera Barat.

Bukittinggi berada di dataran tinggi sekitar 800 meter dari permukaan laut selain berhawa sejuk juga kaya dengan objek wisata alam dan bangunan peninggalan sejarah.

Di kota berhawa sejuk ini banyak terdapat objek wisata alam dan sejarah seperti Jam Gadang, Ngarai Sianok, Lobang Jepang, Benteng Fort de Kock, dan Istana Bung Hatta. Selain itu juga ada Taman Marga Satwa Budaya Kinantan, wisata belanja dan kuliner di Pasar Atas, dan Pasar Aur Kuning.

Selain kota tujuan wisata di Sumbar, Kota Bukittinggi juga menjadi tempat persinggahan bagi wisatawan setelah melakukan kunjungan ke sejumlah objek wisata seperti Danau Singkarak, Danau Maninjau, serta sejumlah objek wisata lain di Kota Payakumbuh, Kota Padangpanjang, serta Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.(KR-HMR/M019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013