Cirebon (ANTARA) - Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Nuril Huda mengatakan hingga Rabu ini, sudah sembilan kelompok terbang (kloter) jamaah haji yang berangkat melalui Kertajati ke Madinah dan ini merupakan gelombang pertama.

"Sembilan kloter calon haji sudah diterbangkan melalui BIJB ke Madinah," kata EGK BIJB Kertajati Nuril Huda saat dihubungi melalui telepon seluler di Cirebon, Jawa Barat, Rabu.

Menurutnya penerbangan calhaj dari BIJB Kertajati dimulai pada tanggal 28 Mei 2023 lalu, di mana saat itu terdapat 374 calhaj dan petugas yang diberangkatkan menggunakan maskapai Saudia Airlines menuju ke Madinah.

Nuril mengatakan gelombang pertama penerbangan BIJB Kertajati ke Madinah sudah selesai, di mana yang terakhir kali yaitu Kloter 9 pada Rabu ini sekitar pukul 06.34 WIB.

Baca juga: Calon haji Cirebon mulai diberangkatkan ke Asrama Haji Indramayu

Baca juga: JAS komitmen tangani keberangkatan jamaah haji dengan aman dan lancar


Ia menjelaskan selama pelaksanaan persiapan penerbangan semua berjalan lancar meskipun BIJB Kertajati baru pertama kali memberangkatkan calon haji.

"Gelombang pertama penerbangan sudah selesai yaitu dari BIJB Kertajati ke Madinah dengan total sembilan kloter," tuturnya.

Nuril menambahkan dari sembilan kloter yang sudah diberangkatkan dari BIJB Kertajati menuju ke Madinah mengangkut 3.351 calon haji selama periode tanggal 28 Mei hingga 7 Juni 2023.

Menurutnya, persiapan yang dilakukan BIJB Kertajati untuk penerbangan haji sudah dilakukan sejak pertama kali ditunjuk sebagai salah satu bandara yang melayani calon haji, dan bahkan sempat ada beberapa harus disempurnakan, agar bisa lolos dan itu semua sudah dilakukan dengan baik.

"Sejak pertama kali kami ditunjuk, kami sudah mempersiapkan penerbangan haji, dan saat ini semua sudah sesuai dengan apa yang inginkan maskapai serta Kementerian Perhubungan," katanya.*

Baca juga: Asda ajak jamaah haji Jabar doakan Indonesia dari Tanah Suci

Baca juga: Kemenhub: penerbangan haji pertama kali dari Kertajati berjalan lancar

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023