Payakumbuh (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, mencatat PNS adalah profesi paling banyak dari mereka yang menjadi jemaah calon haji dari daerah itu pada 2023.

"Pada musim haji 2023 terdapat 249 jamaah calon haji (JCH) dari Payakumbuh. Yang terbanyak PNS, 81 orang," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Joben di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan selain PNS JCH Kota Payakumbuh juga berasal dari berbagai profesi lainnya di antaranya seperti dari kalangan petani, pedagang, wiraswasta, BUMN, pensiunan, serta mahasiswa.

Ia mengatakan bahwa jumlah JCH pada musim haji tahun ini meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 127 orang.

"Alhamdulillah pada tahun ini JCH kita lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. biasanya kita tidak ada yang mencapai 249 orang," ujarnya.

Ia mengatakan JCH asal Kota Payakumbuh tergabung dalam Kloter XI dan Kloter XVII. Untuk Kloter XI akan diberangkatkan menuju embarkasi Padang pada Rabu (14/06) pukul 13.00 WIB dari GOR M. Yamin Kubu Gadang.

"Dari 249 JCH ini 10 orang di antaranya masih tergabung dalam Kloter XVII. Kita terus mengupayakan yang 10 ini bisa bergabung dan berangkat bersama Kloter XI," ujarnya.

Pada keberangkatan kali ini, kata dia, jamaah tertua bernama Maryam Damin Naaman usia 89 tahun dari Koto Kociak Kubu Tapak Rajo. Sementara yang termuda berusia 24 tahun atas nama Vithasya Mizalatulchair Ruzalyan dari Padang Tiakar.

Sementara Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh JCH. Pertama persiapan fisik dan kedua persiapan mental.

"Kita perlu menjaga kesehatan tubuh dengan pola makan yang seimbang, dan istirahat yang cukup. Di samping itu, juga harus mempersiapkan diri dengan meninggalkan segala urusan dunia yang dapat mengganggu konsentrasi kita dalam beribadah," katanya.

Ia mengatakan untuk mendukung pelayanan jemaah haji, Pemkot Payakumbuh setiap tahunnya selalu memfasilitasi keberangkatan dan kepulangan jamaah haji.

"Selamat jalan, semoga menjadi haji yang mabrur dan selamat pergi ke tanah suci dan kembali lagi ke Tanah Air," ujarnya.

Baca juga: PPIH Daker Mekkah kumpulkan penyedia konsumsi jemaah haji Indonesia
Baca juga: Sebanyak 450 armada bus Shalawat siap layani jemaah di Mekkah
 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023