Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengharapkan dana corporate social responsibility (CSR) langsung menyentuh kebutuhan masyarakat seperti penerangan listrik kepada masyarakat tidak mampu terutama di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

"Rasio elektrifikasi saat ini mencapai 99,63 persen, sehingga masih ada saudara-saudara kita, khususnya di daerah 3T, sebesar 0,37 persen atau sekitar satu juta orang, yang belum mendapatkan akses listrik," kata Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Strategi Pencapaian Energi Transisi Ego Syahrial, yang hadir mewakili Menteri ESDM pada acara puncak penganugerahan penghargaan TOP CSR Awards 2023 di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Menurut dia, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, peningkatan akses listrik tersebut dapat dilakukan melalui program pembangunan pembangkit energi baru berskala kecil dengan memanfaatkan potensi setempat seperti tenaga surya, hidro, dan biomassa, khususnya di daerah yang sulit dijangkau perluasan jaringan PT PLN (Persero).

Lebih lanjut, Ego mengatakan selain sektor energi, bantuan dana CSR perusahaan juga dapat diberikan untuk membantu kegiatan sektor lainnya seperti kemandirian ekonomi, kesehatan, dan program pemberdayaan masyarakat.

"CSR ini diharapkan dapat mendorong kemandirian ekonomi setempat melalui berbagai program, seperti pembinaan dan pendampingan terhadap kegiatan UMKM," ujarnya.

Penguatan UMKM itu dapat dilakukan melalui bantuan modal usaha, sarana dan prasarana, peralatan teknologi, serta bantuan digitalisasi pemasaran, sehingga dapat membuka akses pasar yang lebih luas.

Di sektor kesehatan, tambah Ego, perusahaan melalui dana CSR dapat berkontribusi dalam menciptakan generasi penerus yang cerdas dan sehat.

TOP CSR Awards merupakan ajang pemberian penghargaan tertinggi untuk perusahaan di Indonesia dengan kriteria utama keberhasilan dalam menjalankan program CSR dengan pendekatan creating shared value (CSV).

Pada 2023, gelaran tahunan sejak 2017 itu mengusung tema "CSR Innovation Programs for Sustainable Business Growth".

"Selamat kepada para pemenang TOP CSR Awards Tahun 2023. Semoga para pemenang dapat menginspirasi semua pihak untuk selalu terus berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungan dengan menciptakan dan terobosan program-program CSR," ujar Ego Syahrial.

Baca juga: Pertamina raih CSR Awards 2023 lewat program Desa Energi Berdikari
Baca juga: PLN Indonesia Power raih dua penghargaan Indonesia Best CSR Awards
Baca juga: Pertagas raih 7 penghargaan Top CSR Award 2023

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023