Festivalnya dikemas dalam budaya orang Manggarai yang hidup bersama kopi.
Kupang (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mengajak masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan Festival Kopi Lembah Colol yang menjadi bagian dari promosi kekayaan kopi Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Festivalnya dikemas dalam budaya orang Manggarai yang hidup bersama kopi," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina dari Labuan Bajo, Manggarai Barat, Kamis.

Festival Kopi Lembah Colol dijadwalkan terlaksana mulai tanggal 13 Juni sampai 15 Juni 2023.

Dalam festival itu, ada beberapa agenda acara seperti pentas seni budaya, pameran produk kopi dan ekonomi kreatif, parade 1.000 penumbuk kopi, wisata kebun kopi dan air terjun, cupping test dan lelang kopi, dialog kopi dan budaya, serta berbagai lomba.

Selain sebagai bentuk promosi, Shana menjelaskan konteks festival tersebut adalah memperkenalkan kembali varian kopi Manggarai yang disebut kopi tuang atau kopinya para tuan atau priyayi pada zamannya.

Lalu terdapat varian Juria yang terkenal yang mana kopi khas Colol yakni Kopi Juria ini sudah beberapa kali menang di tingkat nasional.

"Bahkan saat zaman penjajahan Belanda, kopi asal Colol menang sayembara menanam kopi dan mendapatkan bendera Belanda, masih tersimpan di Colol," ungkap Shana.

Dia berharap adanya keterlibatan masyarakat untuk menyukseskan festival tersebut.

Nantinya, kehadiran festival itu dapat mendorong travel pattern yang bisa dikembangkan untuk mengisi kunjungan wisatawan setiap tahun.

Menurutnya, dengan semakin banyak kegiatan, maka semakin besar pula peluang dampak atau efek ganda ke masyarakat. Hal itu tentunya dapat terwujud jika masyarakat selalu mengambil peran dalam perputaran ekonomi yang ada.

"Mari ramaikan Festival Kopi Lembah Colol. Kita berharap festival ini dapat mendorong ekonomi dan kesadaran pelestarian budaya yang berkelanjutan sebagaimana konsep pengembangan pariwisata Labuan Bajo Flores," katanya optimistis.
Baca juga: UI dampingi warga Manggarai Timur gelar festival kopi Colol
Baca juga: Pemkab Manggarai Timur promosi kopi lewat Festival Kopi Lembah Colol

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023