Jakarta (ANTARA) - Denver Nuggets berbalik unggul dengan skor 2-1 atas Miami Heat setelah meraih kemenangan di game ketiga NBA Finals dengan skor 109-94 di Kaseya Center, Kamis WIB, demikian dilansir dari laman resmi NBA.

Setelah kalah di kandang pada gim kedua, Nuggets bangkit untuk mempermalukan Miami di kandang mereka dan mencuri keunggulan satu laga.

Kedua tim tampil ngotot sejak kuarter pertama dengan saling balas angka hingga menutup kuarter pembuka dengan skor 24-24.

Memasuki kuarter kedua, kedua tim tidak mengendurkan serangan. Tim tuan rumah mencetak angka yang sama seperti yang dicetak di kuarter pertama yaitu 24 poin.

Namun, Nikola Jokic dan kawan-kawan yang sedikit tampil lebih baik mampu mencetak 29 poin atau keseluruhan membuat skor menjadi 48-53.

Baca juga: "NBA Finals Fest" ajak penggemar Indonesia ramaikan Final NBA 2023

Di awal kuarter ketiga, Heat lengah. Beberapa kali tembakan dua angka dan tiga angka anak-anak Eric Spoelstra itu gagal menemui ring. Hal itu membuat Nuggets sempat memimpin 48-59.

Kelengahan Heat terjadi sepanjang kuarter ketiga dan hal itu dimanfaatkan tim tamu dengan menutup kuarter ketiga dengan unggul 14 poin yaitu 68-82.

Pada kuarter keempat, Nuggets tidak ingin hal yang terjadi di game 2 terulang di game 3 di mana Heat saat itu mampu mencetak 36 poin dan mengakhiri pertandingan dengan skor 108-111.

Nikola Jokic dan kawan-kawan tampil apik pada kuarter terakhir. Bahkan baru empat menit kuarter terakhir berjalan, Nuggets mampu mendulang banyak poin hingga unggul 21 poin yaitu 72-93.

Terus mendominasi, Nuggets menyudahi permainan di game 3 NBA Finals 2023 dengan kemenangan 109-94.

Aktor kemenangan Nuggets pada laga kali ini adalah Jamal Murray dan Nikola Jokic yang mencetak triple double.

Murray mencetak 34 poin, 10 rebound, dan 10 assist dan Jokic dengan 32 poin, 21 rebound, dan 10 assists. Torehan keduanya ini tercatat dalam sejarah dimana menjadi rekan setim pertama yang mampu mencatatkan triple-double di pertandingan final yang sama.

“Mengenai Nikola, tidak ada yang dia lakukan yang mengejutkan saya. Orang ini telah menunjukkan berkali-kali bahwa dia dibangun untuk momen-momen ini. Dia tumbuh subur di saat-saat ini, panggung terbesar. Dia melakukannya sekali lagi malam ini,” kata pelatih Nuggets Michael Malone tentang Jokic, dilansir dari The Athletic.

“Saya sangat bangga dengan Jamal, dan saya tahu ketika berbicara dengannya kemarin, berada di dekatnya selama 48 jam terakhir, bahwa dia memberikan banyak Game 2 padanya, dan itu bukan hanya dia,” lanjut Malone tentang Murray.

Baca juga: Dua pebasket muda Indonesia akan dilatih pemain NBA

Dari sisi tim tuan rumah, poin terbanyak dicetak oleh Jimmy Butler dengan 28 poin, dua rebound, dan empat assists dan juga Bam Adebayo dengan 22 poin, 17 rebound, dan tiga assists.

Heat masih berkesempatan menyamakan kedudukan di NBA Finals 2023 jika mampu meraih kemenangan pada game 4 yang akan dimainkan di Kaseya Center, Minggu (10/6) pukul 07.30 WIB.

Jadwal NBA Finals 2023:

Game 4

Miami Heat vs Denver Nuggets di Kaseya Center, Minggu (10/6) pukul 07.30 WIB

Game 5*

Denver Nuggets vs Miami Heat di Ball Arena, Selasa (13/6) pukul 07.30 WIB

Game 6*

Miami Heat vs Denver Nuggets di Kaseya Center, Jumat (16/6) pukul 07.30 WIB

Game 7*

Denver Nuggets vs Miami Heat di Ball Arena, Senin (19/6) pukul 07.00 WIB.

Baca juga: Veteran NBA sebut Nikola Jokic bermain dengan mode "slow motion"

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023