Mekkah (ANTARA) - Sebanyak 393 jamaah kloter 42 Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG 42) menjadi kloter pertama gelombang kedua jamaah calon haji Indonesia yang mendarat di Bandar Udara Internasional Raja Abdul Azis, Jeddah, Arab Saudi sekitar pukul 04.00 waktu Arab Saudi.

Jamaah JKG 42 tiba di Terminal A Bandara Jeddah melalui jalur fast track dan langsung diantar ke bus dengan mobil golf menuju Kota Suci Mekkah untuk selanjutnya melakukan umrah qudum atau umrah wajib.

"Alhamdulillah hari ini kita kedatangan kloter pertama gelombang kedua melalui layanan fast track," kata Direktur Bina Haji Arsad Hidayat yang hadir menyambut kedatangan jamaah JKG 42 di Bandara Jeddah, Arab Saudi, Kamis.

Arsad mengapresiasi jamaah JKG 42 yang mematuhi imbauan Kemenag untuk mengenakan kain ihram sejak dari embarkasi.

"Saya lihat seluruh jamaah haji JKG 42 sudah memakai kain ihram. Saya harap seluruh embarkasi lain mengikuti apa yang dilakukan JKG 42 dengan mengenakan kain ihram sejak embarkasi," kata Arsyad.

Dia mengatakan pemakaian ihram dari Tanah Air dan melakukan miqat saat di pesawat saat melintas di atas Yalamlam atau Qarn Al Manazil dapat menghindari penumpukan jamaah di bandara.

Fase kedatangan jamaah haji Indonesia gelombang kedua berlangsung dari 8 - 22 Juni 2023.

Pada hari ini sebanyak 17 kloter dengan 6.508 jamaah dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

Selain dari Jeddah kedatangan jamaah ke Kota Suci Mekkah juga berasal dari Madinah berjumlah 18 kloter.

Baca juga: Kloter terakhir gelombang pertama tiba di Madinah
Baca juga: Dua calon haji Kloter 15 tunda berangkat ke Madinah karena sakit
Baca juga: Calon haji sakit tetap akan diberangkatkan ke Mekkah

Pewarta: Wahyu Putro Arinto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023