Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam memperlancar pengiriman produk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna mendorong pertumbuhan ekonomi secara efektif.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam keterangan tertulis Pemkab di Bantul, Kamis, mengatakan, Kabupaten Bantul saat ini sedang fokus mengembangkan ekonomi masyarakat, terutama sektor UMKM, karena keberadaan pelaku ekonomi kreatif di Bantul jumlahnya terus berkembang.

"Sehingga kerja sama dengan Pos Indonesia tidak hanya memperlancar tugas kami di birokrasi pemerintahan, tapi juga agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara efektif dan efisien," katanya.

Menurut dia, gebrakan-gebrakan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dengan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia diharapkan juga dapat memperlancar tugas-tugas birokrasi atau mendorong capaian kinerja yang lebih baik.

Sementara itu, Executive Vice President Regional IV Pos Indonesia Yuli Saputro mengatakan, kerja sama yang dilakukan dengan Pemkab Bantul adalah untuk memberikan kemudahan UMKM dalam mengirimkan produk-produk yang mereka miliki.

"Kerja sama ini pada dasarnya memanfaatkan potensi bersama. Baik untuk layanan kurir maupun jasa keuangan. Bagaimana caranya membantu dan memberi kemudahan UMKM dalam mengirim produk-produk mereka," katanya.

Selain itu, kata dia, Pos Indonesia kini juga membantu dalam penerimaan pendapatan daerah lewat pembayaran pajak daerah, Pajak Bumi Bangunan (PBB), hingga pajak-pajak terpusat.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023