Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menutup rangkaian agenda kunjungan kerja di Malaysia dengan menemui Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah di Istana Negara, Kuala Lumpur, Kamis sore.

Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut langsung oleh Yang di-Pertuan Agong dan Permaisuri Azizah Aminah Maimunah Iskandariah di Istana Negara sekira pukul 15.35 waktu setempat, demikian keterangan yang diterima di Jakarta.

Selepas berfoto bersama, Presiden Jokowi menandatangani buku tamu Istana Negara Kuala Lumpur. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara diajak untuk berfoto bersama dengan keluarga kerajaan sebelum melakukan pertemuan tertutup.

Pertemuan berlangsung sekira satu jam lamanya, sebelum Presiden Jokowi dan Ibu Negara berpamitan meninggalkan Istana Negara menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Dari Bandara, Presiden Jokowi dan Ibu Negara dilepas oleh Menteri Luar Negeri Malaysia Dato Seri Diraja Zambry Abdul Kadir, Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono, Atase Pertahanan RI di Malaysia Kolonel Kav. Guruh Prabowo Wirajati, serta Kuasa Usaha Ad Interim Malaysia untuk Indonesia Adlan Mohd Shaffieq.

Baca juga: Jokowi ajak Anwar Ibrahim perkuat kolaborasi lawan diskriminasi sawit

Presiden bersama Ibu Negara dilaporkan telah tiba mendarat di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Kamis malam.

Kedatangan Presiden disambut oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Pangdam Jaya Mayjen Mohamad Hasan, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pangkoopsau Marsda TNI Bambang Gunarto, serta Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Adrian Pangarapan Damanik.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menghabiskan sepanjang hari Kamis melakukan kunjungan kerja di Malaysia dengan beberapa agenda, termasuk melakukan kunjungan balasan kepada Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

Baca juga: Jokowi apresiasi komitmen Anwar Ibrahim lindungi PMI di Malaysia

Presiden Jokowi bersama PM Anwar Ibrahim melakukan pertemuan empat mata sebelum menyaksikan penandatanganan serta pertukaran dokumen sedikitnya enam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) Indonesia-Malaysia.

Presiden Jokowi juga sempat meminta PM Anwar Ibrahim mendampinginya berkunjung ke Pasar Chow Kit di Kuala Lumpur, yang terletak di area dikenal sebagai "Little Jakarta" karena banyak WNI yang bekerja dan tinggal di sekitar sana.

Baca juga: Kunjungan Jokowi ke Seri Perdana hasilkan enam MoU Indonesia-Malaysia
Baca juga: Presiden Jokowi dan PM Anwar "blusukan" bareng di Pasar Chow Kit
Baca juga: Jokowi harap negosiasi perbatasan RI-Malaysia selesai di eranya

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023