"Dengan pola hidup sehat akan mencegah masyarakat terhindar dari risiko penyakit yang tidak menular maupun menular,"
Jayapura (ANTARA) - Polres Jayapura Kota melalui program kesehatan lambang diri sehat guna (Keladi Sagu) dalam Ops Rasaka Cartenz 2023 mengobati masyarakat Kota Jayapura, Papua yang mengalami gangguan kesehatan seperti stunting, malaria, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan penyakit kulit.

Kasubsatgas Keladi Sagu Ops Rasaka Cartenz Wilayah Polresta Jayapura Kota AKP Z. Ashari Amk dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Jumat, mengatakan tim Ops Rasaka Cartenz tidak hanya memberikan pelayanan gratis namun juga mensosialisasikan pentingnya pola hidup sehat.

"Dengan pola hidup sehat akan mencegah masyarakat terhindar dari risiko penyakit yang tidak menular maupun menular," katanya.

Menurut Ashari, Polres Jayapura Kota melalui program keladi sagu saat ini berperan aktif membantu pemerintah daerah setempat untuk mengobati masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan dengan metode pelayanan kesehatan gratis dengan cara blusukan ke setiap rumah warga di daerah itu.

"Apabila terdapat warga yang mengalami kesehatan maka tim akan segera menanganinya," ujarnya.

Dia menjelaskan tim Ops Rasaka Cartenz secara rutin terus berkeliling di Kota Jayapura untuk menemukan masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan dan pada Kamis (8/6) tim kesehatan keladi sagu melakukan pemeriksaan kesehatan di Kompleks Base G, Distrik Jayapura Utara.

"Di mana tim menemukan tiga warga yang didiagnosa menderita ISPA setelah menjalani pemeriksaan kami memberikan ketiga warga itu obat untuk mengatasi sakit ISPA yang dialaminya sehingga diharapkan mereka harus mengonsumsi obat dengan teratur agar cepat sembuh," katanya.

Dia menambahkan, program keladi sagu merupakan bagian dari upaya Polri dalam menjaga kesehatan masyarakat di Papua khususnya di Kota Jayapura.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, mengatakan program keladi sagu dirancang sebagai salah satu upaya Polri untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terutama dalam bidang kesehatan.

“Salah satu dimensi penting dalam membentuk IPM adalah umur panjang dan hidup sehat. Kota Jayapura, termasuk dalam kategori daerah dengan IPM yang sudah tinggi yakni di atas angka 60 menurut data BPS pada akhir 2022," katanya.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023