Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono terpilih secara aklamasi untuk menjabat sebagai Ketua Presidium Dewan Kehutanan Nasional hingga tahun 2027 mendatang.
 
"Saya sebagai perwakilan kamar pemerintah menerima penugasan itu dan akan berusaha mematuhi AD/ART dari Dewan Kehutanan Nasional dan aspirasi dari para perwakilan kamar di Dewan Kehutanan Nasional," ujarnya di Jakarta, Jumat.
 
Bambang menunjuk Wakil Ketua I Nurka Cahyaningsih dari kamar lembaga swadaya masyarakat dan Wakil Ketua II Sawarso dari kamar pengusaha.
 
Pada 8-9 Juni 2023, Dewan Kehutanan Nasional menggelar rapat kerja untuk membahas dan merumuskan program kerja dan kelembagaan, termasuk pemilihan ketua presidium.

Baca juga: BPBD OKU Sumsel aktifkan posko penanggulangan karhutla

Baca juga: PLN kerja sama BKSDA bangunan jaringan listrik di hutan konservasi
 
Rapat kerja itu juga menetapkan secara definitif lokasi sekretariat Dewan Kehutanan Nasional, yaitu berada di Blok IV Lantai 9 Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Jakarta Pusat.
 
Dewan Kehutanan Nasional yang beranggotakan representasi lima pemangku kepentingan, yaitu akademisi, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, pengusaha, dan masyarakat merupakan entitas penting dalam rangka menjaga keberlangsungan tata kelola sektor kehutanan yang berkelanjutan di Indonesia.
 
Peran Dewan Kehutanan Nasional dalam mendukung pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan menjadi penting melalui prinsip periksa dan keberimbangan, serta memberikan pertimbangan kebijakan melalui kegiatan konsultatif dan koordinatif.
 
Dengan demikian, sinergi dan harmonisasi yang serasi antara pemerintah, Dewan Kehutanan Nasional, dan segenap elemen masyarakat dapat terbangun dalam mewujudkan tujuan bersama untuk kemajuan Indonesia.*

Baca juga: Sekda Maluku minta pemangku kepentingan sinergi cegah kerusakan hutan

Baca juga: Tutupan hutan Rawa Singkil Aceh berkurang 258 hektare dalam 4 bulan

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023