Ia sekarang berada di puncak karirnya dan tiga tahun berikutnya akan tetap sama."
Madrid (ANTARA News) - Penampilan Cristiano Ronaldo di Real Madrid merupakan sesuatu yang mengejutkan mantan pelatihnya Alex Ferguson, yang menyebut penampilan sang pemain sebagai "fenomenal" pada malam menjelang pertandingan Liga Champions Manchester United di markas Real.

Penyerang Portugal Ronaldo, yang dijual United dengan nilai transfer yang memecahkan rekor dunia yakni 94 juta euro pada 2009, menghadapi klub lamanya untuk pertama kalinya pada Rabu di babak 16 besar.

"Ronaldo merupakan pemain yang lebih baik dibandingkan ketika ia meninggalkan kami, karena kematangannya," kata Ferguson pada konferensi pers di Stadion Santiago Bernabeu pada Selasa (Rabu WIB). "Ia sekarang berada di puncak karirnya dan tiga tahun berikutnya akan tetap sama."

"Saya tidak pernah berpikir ia akan mendapatkan jumlah gol seperti yang ia cetak sekarang. Untuk mencetak gol demi gol seperti yang ia lakukan merupakan hal yang fenomenal."

Ronaldo (28), memperlihatkan penampilan menawan sejak pergantian tahun dan melakukan pemanasan untuk pertandingan melawan United dengan membukukan hatrik saat timnya menang 4-1 atas Sevilla pada Sabtu, hatrik ke-17nya sepanjang karirnya di Liga Spanyol.

United unggul 12 angka di puncak klasemen Liga Utama Inggris, sedangkan Real yang dilatih Jose Mourinho memiliki peluang teramat kecil untuk mempertahankan gelar Liga Spanyol mereka setelah kerap memperlihatkan penampilan yang kurang meyakinkan.

"Saya pikir ini adalah saat yang tepat untuk bermain melawan Real," kata Ferguson. "Kami unggul begitu fantastis di liga dan kami memiliki semua (pemain) berada dalam kondisi bugar."

"Ketika Anda berada di bagian ini dalam satu musim, Anda biasanya memiliki dua atau tiga pemain cedera. Kami tidak memilikinya, yang merupakan suatu bonus."

"Menyedihkan kami bertemu begitu dini di kompetisi ini. Saya berharap pertemuan ini terjadi (pada final) di Wembley."

United telah tiga kali menjuarai Piala Europa. Kejayaan terakhir mereka terjadi saat mengalahkan Chelsea di final pada 2008, sebelum mereka kalah dari rival abadi Real, Barcelona, di final 2009 dan 2011.

Ferguson mengatakan dirinya yakin timnya dapat meraih hasil yang lebih baik pada tahun ini.

"Terdapat semangat hebat di antara mereka," tambahnya. "Realitasnya ini adalah tim yang tidak tahu kapan dapat dikalahkan, yang memiliki kualitas hebat."

"Ujian asam berlangsung besok dan kami harus melaluinya jika kami ingin memenangi trofi ini."

Ferguson mengatakan gelandang Jepang Shinji Kagawa akan tampil pada Rabu.

"Kami tidak memainkan Shinji (saat melawan Everton) pada Minggu karena ia baru menjalani perjalanan panjang dari Jepang," papar sang pelatih.

"Saya menginginkan ia segar seandainya saya memutuskan untuk menggunakan dia besok, maka saya mengistirahatkannya. Ia tentu saja akan dilibatkan dalam satu tahap besok." (RF/A016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013