Jakarta (ANTARA) - Beijing meluncurkan sebuah platform layanan seluler untuk pengarsipan pada Jumat (9/6) sebagai upaya membantu warga dalam mengakses dokumen administrasi yang dibutuhkan.

Dengan platform online tersebut, beragam berkas arsip seperti berkas akta nikah dan beberapa berkas terbuka dari 17 arsip lengkap, dapat diakses warga melalui telepon seluler (ponsel).

Peluncuran ini juga bertepatan dengan Hari Arsip Internasional ke-16 pada Jumat. Kantor-kantor arsip dari tingkat kota dan tingkat distrik Beijing menggelar lebih dari 30 pameran yang terbuka untuk umum, dengan hampir 400.000 item dari arsip ditampilkan.

Arsip Kota Beijing meluncurkan pameran bertajuk "Poros Tengah Terindah" (The Most Beautiful Central Axis), menggunakan lebih dari 300 dokumen, foto, video, dan material arsip lainnya guna menunjukkan upaya perlindungan untuk warisan budaya di sepanjang Poros Tengah Beijing.

Badan arsip tersebut juga membuka sebuah pameran yang menampilkan pencapaian lebih dari 60 pahlawan, pekerja teladan, dan panutan di Beijing melalui lebih dari 400 dokumen, foto, objek, dan material sejarah lainnya. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023