Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengasah kemampuan personel dalam pengawalan dan patroli melalui Lomba Ketangkasan Bermotor yang diikuti 48 peserta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan, setiap anggota di lapangan harus memiliki keahlian atau mahir dalam mengendarai kendaraan bermotor terutama roda dua.
 
"Sepeda motor memerlukan keahlian yang harus dimiliki oleh personel yang ada di lapangan khususnya dalam hal pengawalan dan patroli," katanya.
 
Latif juga menyebutkan, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengasah kemampuan para personel dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.
 
"Sehingga betul-betul memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan kegiatan yang kita lakukan dan juga kemampuan personel bisa kita asah," katanya.

Baca juga: Polisi lakukan tilang manual bagi pelanggar yang terlihat langsung
Baca juga: Polda Metro Jaya evaluasi kondisi perlengkapan kendaraan dinas
 
Latif menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian HUT Ke-77 Bhayangkara yang akan diperingati pada 1 Juli 2023.
 
"LLomba ini diikuti 48 peserta dari wilayah hukum Polda Metro Jaya yang dibagi menjadi kategori motor gede (moge) 600 cc ada sekitar 26 personel, untuk motor trail ada 22 personel, " katanya.
 
Penilaian menggunakan sistem hitung waktu. Para peserta akan dihitung waktunya mulai dari "start" sampai "finish" dan kemampuan bermanuver dalam mengatasi rintangan pada trek perlombaan.
 
"Juri-juri yang dilibatkan dalam lomba ini terdiri dari 25 orang dari profesional, mantan-mantan juara yang telah mengikuti kegiatan di berbagai tempat dan dibantu anggota yang juga tidak kalah berpengalaman," kata Latif.
 
Para juara mendapatkan piala, penghargaan dan uang pembinaan. Juara 1 Rp10 juta, juara 2 Rp7,5 juta dan juara 3 Rp5 juta untuk masing-masing kategori.
 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023