Ketegangan politik di berbagai negara dan ancaman perubahan iklim memerlukan peran aktif semua pihak untuk meningkatkan produksi pertanian
Padang (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian  Airlangga Hartarto mengatakan peringatan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO) terkait ancaman krisis pangan global harus disikapi cepat oleh semua pihak dengan mengedepankan kolaborasi.

"Ketegangan politik di berbagai negara dan ancaman perubahan iklim memerlukan peran aktif semua pihak untuk meningkatkan produksi sektor pertanian," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Padang, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan Presiden RI pada pembukaan Penas Tani XVI yang dipusatkan di Lapangan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir Kota Padang, Sumatera Barat, 10 hingga 15 Juni 2023.

Untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional maka peningkatan produksi wajib dilakukan serta mengenalkan berbagai pangan ke negara-negara lain sebagai komoditas ekspor.

Ia mengatakan dalam beberapa tahun terakhir pemerintah juga telah menyiapkan dan membangun berbagai infrastruktur pendukung bagi sektor pertanian seperti bendungan yang difungsikan sebagai tempat penyediaan air.

Baca juga: Menko Airlangga: Sistem INSW 2.0 untuk tingkatkan efisiensi logistik

Baca juga: Airlangga: Indonesia punya waktu 18 bulan sebelum implementasi EUDR


Kemudian pemerintah juga membangun sarana transportasi agar ongkos logistik dari sektor pertanian dapat ditekan, termasuk pemanfaatan komoditas unggulan yang adaptif terhadap perubahan iklim hingga penerapan pertanian cerdas.

Tidak hanya itu, pemerintah juga menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dan menjalankan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui bank yang tergabung dalam Himbara kepada petani di Tanah Air.

"Tahun ini anggaran KUR bagi sektor pertanian yaitu Rp450 triliun," sebut dia.

Mengingat pemerintah sudah menyediakan anggaran dalam jumlah besar, Airlangga meminta Kementerian Pertanian untuk kembali mendorong pemerintah kabupaten dan kota, kelompok tani dan petani maupun nelayan untuk memanfaatkan KUR tersebut.

Baca juga: Airlangga: Penyerapan anggaran kemenko capai 34,61 persen per Juni

Baca juga: Menko Airlangga tegas tolak diskriminasi kebijakan EUDR dan CBAM

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023