guncangan gempa cukup terasa di dalam rumah
Gorontalo (ANTARA) - Gempa yang terjadi di Provinsi Gorontalo, dirasakan warga hingga di wilayah pesisir Utara, di Kabupaten Gorontalo Utara.

"Gempa sangat terasa. Saya sempat membangunkan anak-anak mengingat guncangan gempa cukup terasa di dalam rumah kami," kata Aishma, warga Desa Titidu, Kecamatan Kwandang, Minggu.

Ia mengatakan, gempa tidak berlangsung lama namun guncangan sangat terasa. "Saya merasa kaget karena dalam posisi diam di tempat. Namun tidak terlalu panik karena meski guncangan sangat terasa namun tidak berlangsung lama," katanya.

Ruslan (38), warga lainnya, mengatakan hal yang sama. "Kami sekeluarga merasakan guncangan gempa. Cukup membuat kaget sebab saya sementara memangku anak kami yang masih bayi. Sangat terasa karena kursi yang saya duduki ikut bergoyang meski hanya berlangsung sesaat," katanya.

Nita Rahim (27) di Dusun Hulapa Pantai, Desa Bulalo, mengaku ikut merasakan gempa. "Kami sontak teriak sebab bambu tempat duduk ikut bergoyang," katanya.

Baca juga: Gempa magnitudo 6,0 di Pacitan, BMKG: hati-hati gempa bumi susulan
Baca juga: Gempa selatan Jawa, BMKG imbau warga tenang dan hindari bangunan retak


Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya, disampaikan pihak operasional Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Gorontalo, mengatakan, gempa tektonik magnitudo 5.4 terjadi sekitar pukul 09.42 WITA.

Lokasi gempa berada di 0.04 Lintang Selatan, 123.08 Bujur Timur atau 64 kilo meter Barat Daya Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, di kedalaman 121 kilo meter.

Gempa tidak berpotensi tsunami. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi slab lempeng Laut Sulawesi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun (oblique normal fault).

Dampaknya dirasakan di Kota Gorontalo, Luwuk II MMI, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara I - II MMI.

Baca juga: Gempa bumi landa sejumlah wilayah di Indonesia sejak Selasa malam
Baca juga: Aktivitas subduksi Lempeng Laut Banda picu gempa dengan magnitudo 6,0
Baca juga: BMKG: Aktivitas Lempeng Indo-Australia picu gempa di Sumba Barat Daya

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023