Jakarta (ANTARA) - Festival Film Internasional Shanghai (Shanghai International Film Festival/SIFF) ke-25 dibuka di kota metropolitan Shanghai, China timur, pada Jumat (9/6) dengan 53 karya terpilih untuk Golden Goblet Awards 2023.

Hampir 450 film dari dalam dan luar negeri akan diputar di 41 bioskop di seluruh Shanghai dalam acara yang berlangsung selama sembilan hari itu, dengan 53 pemutaran perdana dunia, 41 pemutaran perdana internasional, 80 pemutaran perdana Asia, dan 76 pemutaran perdana China, menurut pihak penyelenggara.

Golden Goblet Awards SIFF ke-25 memiliki lima bagian kompetisi, yaitu: film panjang, bakat baru Asia, dokumenter, film animasi, dan film pendek.

Serangkaian acara, termasuk pekan film Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road), akan diselenggarakan dalam festival film tersebut.

Didirikan pada 1993, SIFF merupakan sebuah acara global kompetitif yang didorong oleh upaya Shanghai untuk menjadi pusat budaya internasional. Acara tersebut telah menarik perhatian internasional yang meningkat berkat pasar perfilman China yang sedang booming.

Box office China 2023 mencatat tonggak penjualan sebesar 20 miliar yuan (1 yuan = Rp2.090) atau sekitar 2,8 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.903) pada awal Mei, lebih awal daripada tahun lalu, menurut platform data film Maoyan dan Beacon. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023