Jakarta (ANTARA) - Film "Transformers: Rise of the Beasts" mencapai posisi unggul di daftar box office Amerika Utara pada pekan pertama debutnya periode Jumat (9/6) hingga Minggu (11/6) dengan mengumpulkan pendapatan kotor 60,5 juta dolar AS (sekitar Rp901,5 miliar).

Variety pada Minggu (11/6) waktu setempat melaporkan, film ketujuh dari waralaba "Transformers" itu disebut memperoleh penjualan tiket bioskop saat debut yang lebih baik dibanding dua film pendahulunya, yaitu "Bumblebee" (2018) dengan 21,6 juta dolar AS (Rp321,8 miliar) serta "The Last Knight" (2017) dengan 44,68 juta dolar AS (Rp665,9 miliar).

Film yang disutradarai oleh Steven Caple Jr. serta dibintangi oleh Anthony Ramos dan Dominique Fishback itu dilaporkan telah menelan biaya produksi 200 juta dolar AS (Rp2,9 triliun). Hal ini berarti "Transformers 7" perlu juga mengumpulkan pendapatan kotor yang tinggi dari box office di luar Amerika Utara.

Baca juga: Petualangan baru para Autobots di "Transformers: Rise of the Beast"

Film-film "Transformers" sebelumnya sudah menghasilkan sebanyak 70 persen dari keseluruhan imbal hasil box office di luar AS dan Kanada. Di luar Amerika Utara, "Rise of the Beasts" dilaporkan menghasilkan 110 juta dolar AS (Rp1,6 triliun) dari 68 pasar, sehingga total pendapatan globalnya menjadi 170,5 juta dolar AS (Rp2,5 triliun).

Posisi peringkat pertama yang diraih "Transformers 7" tersebut telah menggeser film animasi "Spider-Man: Across the Spider-Verse" yang pada pekan lalu sempat menguasai box office.

Meski begitu, sekuel atau kelanjutan dari "Spider-Man: Into the Spider-Verse" itu masih mendapat peringkat yang tinggi di box office Amerika Utara, yaitu peringkat kedua dengan mengantongi 55,4 juta dolar AS (Rp825 miliar) pada periode yang sama.

Setelah 10 hari bertahan di bioskop, "Across the Spider-Verse" telah menghasilkan total 226 juta dolar AS (Rp3,3 triliun) di Amerika Utara atau 390 juta dolar AS (Rp5,8 triliun) jika dilihat secara global. Sebagai informasi, film pendahulunya, "Into the Spider-Verse" (2018) berhasil membukukan pendapatan kotor total sebesar 384 juta dolar AS (Rp5,7 triliun) secara global.

Selanjutnya, peringkat ketiga box office Amerika Utara diisi oleh "The Little Mermaid" yang menambahkan pendapatan lagi sebesar 22,8 juta dolar AS (Rp339,6 miliar) periode Jumat-Minggu, turun 46 persen dari akhir pekan sebelumnya.

Setelah tiga minggu perilisannya, film live-action Disney ini telah menghasilkan total 228 juta dolar AS (Rp3,39 triliun) di box office Amerika Utara dan 185 juta dolar AS (Rp2,7 triliun) di luar Amerika Utara.

Peringkat keempat dan kelima box office mingguan Amerika Utara masing-masing ditempati oleh "Guardians of the Galaxy Vol. 3" dan "The Boogeyman". Pendapatan kotor "Guardians of the Galaxy Vol. 3" mencapai 7 juta dolar AS (Rp104 miliar) pada akhir pekan keenamnya di layar lebar sementara "The Boogeyman" menambahkan 6,9 juta dolar AS (Rp102,7 miliar) atau turun sebesar 46 persen dari debutnya.

Baca juga: Michelle Yeoh dan Pete Davidson gabung di "Transformers" terbaru

Baca juga: Paramount mundurkan jadwal tayang "Transformers" dan "Star Trek"

Baca juga: "Transformers" akan hadir dengan dua sekuel baru

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023