Perkiraan ini seiring dengan perluasan serta optimalisasi ekosistem pengguna layanan keuangan digital.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Friderica Widyasari optimistis peningkatan transaksi ekonomi dan keuangan digital akan terus berlanjut.

"Perkiraan ini seiring dengan perluasan serta optimalisasi ekosistem pengguna layanan keuangan digital," ujar Friderica dalam Webinar Nasional Seri-2 bertajuk "Perlindungan Konsumen terhadap Kejahatan Keuangan Digital" di Jakarta, Senin.

Ia menyebutkan transaksi keuangan digital di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan karena telah memberikan berbagai kemudahan dan manfaat bagi konsumen, masyarakat, serta ekonomi di Tanah Air.

Baca juga: DPR dukung OJK buat aturan "spin off" Unit Usaha Syariah 50 persen

Merujuk pada data Bank Indonesia (BI), nilai transaksi uang elektronik pada Maret 2023 tumbuh tinggi, lebih dari 11 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) mencapai Rp34 triliun. Nilai transaksi digital banking juga meningkat hampir 10 persen (yoy) menjadi sekitar Rp4.900 triliun.

Friderica membeberkan, terdapat beberapa faktor perkembangan transaksi ekonomi dan keuangan digital di Indonesia yang cukup positif tersebut, yakni pertama, adaptasi transaksi digital yang meningkat pesat seiring dengan penetrasi penggunaan internet di Indonesia.

Berdasarkan survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia periode 2022 sampai dengan 2023 mencapai 215 juta atau setara dengan 78 persen dari total populasi Indonesia.

Kemudian faktor yang kedua yakni kehadiran berbagai fitur pembayaran baru, terutama dengan adanya Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang diinisiasi BI, yang sangat mempercepat transaksi keuangan digital.

"Langkah ini sangat meningkatkan animo transaksi digital dan berbagai provider lain yang juga sangat meningkatkan animo masyarakat dalam bertransaksi digital," ujarnya.

Baca juga: Anggota DPR minta OJK awasi akselerasi digitalisasi seluruh bank

Selain itu, lanjut dia, transformasi digital turut berhasil meningkatkan penetrasi dan jangkauan kepada seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air, sehingga pada akhirnya mendorong peningkatan keuangan inklusif dan memberdayakan masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki akses pada keuangan formal.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023