Karena adanya resesi ini, justru saatnya mereka menghadapi tekanan ekonomi resesi ini untuk menggunakan tabungan justru untuk healing terutama untuk kesehatan mental, jadi itu yang saya harapkan kerja sama dengan mitra-mitra kita
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meyakini dampak resesi Eropa dan Amerika Serikat tidak mengganggu target capaian 8,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2023.

“Yang memasuki zona resesi bukan hanya Eropa tetapi juga Amerika Serikat, pasti ada dampak, namun kami meyakini bahwa target kunjungan wisatawan dari Eropa dan Amerika Serikat masih sesuai dengan apa yang kita canangkan dan justru malah kita naikkan ke angka 8,5 juta secara total,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

Ia juga menyebut fokus Kemenparekraf adalah pada segmen pariwisata yang berkualitas dengan lama tinggal yang lebih lama serta pengeluaran belanja pada ekonomi lokal yang lebih besar.

Ia menambahkan, pihaknya juga mengupayakan agar calon wisatawan yang terdampak resesi ini justru memanfaatkan momentum ini untuk melakukan penyegaran atau penyembuhan tekanan jiwa dengan berwisata atau yang dikenal dengan istilah healing.

“Karena adanya resesi ini, justru saatnya mereka menghadapi tekanan ekonomi resesi ini untuk menggunakan tabungan justru untuk healing terutama untuk kesehatan mental, jadi itu yang saya harapkan kerja sama dengan mitra-mitra kita,” paparnya.

Sandiaga juga menyebut, dari sisi wisatawan secara keseluruhan di era volatility (keinginan pasar) , uncertainty (menunggu pemerintah menyikapi kondisi negara), complexity (kompleksitas), dan ambiguity (ketidakpastian) atau disebutnya era VUCA ini, Indonesia masih memiliki peluang untuk memantapkan target 14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2024.

Ia pun mengupayakan target tersebut dapat divalidasi dengan data-data yang akan dianalisa dan melakukan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Baca juga: Menparekraf sebut target kunjungan wisman untuk 2023 akan bertambah
Baca juga: BPS: Jumlah wisman April 2023 turun jadi 865,81 ribu kunjungan
Baca juga: Sandiaga tindak lanjuti penghapusan sinyal internet di pemukiman Badui

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023