Beijing (ANTARA) - Menyusul peresmian hubungan diplomatik antara China dengan Honduras pada 26 Maret lalu, kedua negara itu mulai menggelar pertemuan bisnis tingkat tinggi di Beijing.

Ini adalah pertemuan pertama di lingkup kerjasama kedua negara setelah peresmian hubungan diplomatik itu dan sekitar 200 delegasi politik serta bisnis dari kedua belah pihak menghadiri kegiatan tersebut.

China dan Honduras memiliki sumber daya yang berbeda dan komplementaritas ekonomi, kata Zhang Shaogang, Wakil Kepala Dewan Promosi Perdagangan Internasional China.

Terdapat potensi luar biasa dan prospek pembangunan yang luas untuk kerja sama ekonomi dan perdagangan bilateral, imbuh Zhang.

Zhang menyerukan dilakukannya upaya gabungan oleh perusahaan-perusahaan dari kedua negara untuk memperkenalkan lebih banyak produk Honduras yang berkualitas tinggi untuk pasar China, terus memperluas skala perdagangan bilateral, meningkatkan lapangan kerja lokal, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penyelenggaraan pertemuan tingkat tinggi ini akan menyuntikkan stimulus untuk memperdalam hubungan bilateral serta kerja sama perdagangan dan ekonomi, kata Menteri Luar Negeri Honduras Enrique Reina yang sedang melakukan kunjungan ke China.

Reina mengatakan bahwa dia yakin perkembangan hubungan bilateral tersebut akan membuka peluang besar bagi wiraswasta dari kedua negara serta mendorong terciptanya hasil yang lebih konkret.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023