Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan kawasan wisata Puncak, Jawa Barat selalu menjadi favorit masyarakat Indonesia saat liburan bersama keluarga.
 
Selain Puncak, sambung dia melalui keterangan tertulis, Senin (12/6) malam, masyarakat juga menjajal destinasi unggulan lainnya seperti Jawa Tengah hingga Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Menurut Sandiaga dengan merujuk data, destinasi yang paling banyak dikunjungi konsepnya personalize, customize, localize, smaller in size.
 
"Karena populasi Indonesia banyak di Pulau Jawa, maka yang di Jawa akan berlibur sekolah di dekat lokasi mereka tinggal sekitar 200 sampai 250 kilometer dengan berkendaraan darat," kata dia yang juga menyebut ini sebagai bagian dari kampanye Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Kemudian, demi mendorong pergerakan wisatawan nusantara sehingga dapat memenuhi target 1,2 - 1,4 miliar perjalanan menyambut liburan sekolah, Kemenparekraf berkolaborasi dengan perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring.

Baca juga: Kemenparekraf bidik masa libur sekolah sumbang 20---30 persen wisnus
 
Masih dari keterangan tertulis yang sama, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf Dwi Marhen Yono mengatakan ruang lingkup kerja sama ini meliputi kegiatan promosi penjualan berupa kupon penjualan, aktivasi media baik di media sosial maupun di platform penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel itu.
 
“Promosi pasar domestik ini berfokus pada destinasi wisata Indonesia termasuk 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) dan atau lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) termasuk destinasi branding yang mendorong Gernas BBWI,” ujar dia.
 
Lebih lanjut mengenai kolaborasi, Vice President of Public Policy and Government Relations and Sustainability Traveloka Widyasari Listyowulan perusahannya berkomitmen untuk mendukung program-program Kemenparekraf dalam me-reaktivasi sektor pariwisata, dan mengedepankan pariwisata berkelanjutan.
 
Traveloka akan melaksanakan pendampingan desa wisata binaan mereka dalam hal pengelolaan konten desa wisata. Dalam waktu dekat, mereka juga dijadwalkan melaksanakan promosi khusus untuk School Holiday dalam rangka menyambut liburan anak sekolah semester satu.

Baca juga: Sandiaga yakin dampak resesi Eropa tak ganggu target kunjungan wisman
 
Kemudian, menyambut periode libur tengah tahun yang bertepatan dengan libur sekolah, Traveloka meluncurkan kampanye bertajuk "Now, Not Never" yang menawarkan promo diskon hingga 70 persen untuk pemesanan tiket pesawat, akomodasi, dan Xperience mulai 12 Juni hingga 9 Juli 2023.
 
"Traveloka menawarkan fitur-fitur yang mengedepankan fleksibilitas seperti Reschedule +," kata Widyasari.
 
Dia menjelaskan, fitur ini memungkinkan konsumen untuk melakukan penyesuaian jadwal perjalanan tidak hanya terbatas pada waktu penerbangan namun juga dapat leluasa mengubah destinasi hingga maskapai penerbangan sesuai kebutuhan.
 
Selain itu, terdapat fitur 100 persen Refund Guarantee (Refundable dan Free Cancellation) untuk pemesanan tiket pesawat domestik maupun internasional demi memudahkan konsumen untuk mendapatkan pengembalian uang 100 persen jika mereka membatalkan tiket atau melakukan penggantian jadwal sesuai yang diinginkan konsumen dengan membeli asuransi tambahan.

Baca juga: Menparekraf dorong talenta muda ambil peluang di industri musik

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023