Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan program beasiswa kuliah satu semester di universitas luar negeri yang dinamai MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) bagi mahasiswa perguruan tinggi keagamaan.

Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemenag M. Ali Ramdhani di Jakarta, Selasa, menyampaikan bahwa pendaftaran seleksi peserta program beasiswa MOSMA dibuka tanggal 15 sampai 26 Juni 2023.

Calon peserta yang memenuhi syarat dan berminat bisa mendaftar melalui laman resmi program beasiswa Kemenag.

Dalam program beasiswa MOSMA, Dani mengatakan, Kemenag menyiapkan dua skema penempatan mahasiswa di perguruan tinggi.

Pertama, mahasiswa memilih sendiri perguruan tinggi tujuan dan kedua mahasiswa difasilitasi memilih perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Kemenag.

Program beasiswa MOSMA dibuka bagi mahasiswa program pendidikan sarjana (S1), magister (S2), dan doktoral (S3).

Ada 42 perguruan tinggi di kawasan ASEAN serta Asia, Australia, Amerika, Dan Eropa yang bisa menjadi pilihan bagi peserta program beasiswa.

Dani menyampaikan bahwa peserta program beasiswa akan mendapat 20 angka kredit yang dapat ditransfer ke perguruan tinggi asal di Indonesia.

Tahapan Seleksi

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ahmad Zainul Hamdi menyampaikan bahwa tahapan seleksi peserta program beasiswa MOSMA diawali dengan seleksi administrasi dari 27 sampai 29 Juni 2023.

Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 30 Juni 2023. Peserta yang lulus seleksi administrasi berhak mengikuti tahap wawancara pada 3 sampai 5 Juli 2023.

Hasil seleksi wawancara akan diumumkan pada 7 Juli 2023 dan peserta yang dinyatakan lulus seleksi harus mengikuti pembekalan pada 7 Agustus 2023.

"Untuk pelaksanaan programnya, akan dimulai pada rentang antara September dan Desember 2023," kata Ahmad.

Beasiswa MOSMA mencakup biaya transportasi ke luar negeri pergi dan pulang, biaya kuliah, biaya hidup bulanan, serta biaya kedatangan, pengurusan visa, dan asuransi.

Persyaratan pendaftaran program beasiswa MOSMA serta pilihan perguruan tinggi tujuan bisa dicek di laman resmi Kemenag.

Baca juga:
Kemenag buka pendaftaran Gelar Beasiswa Indonesia Bangkit
Kemenag buka beasiswa pelatihan coding bagi guru dan siswa madrasah

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023