Alhamdulillah seluruh kloter yang telah tiba di Madinah gelombang pertama sebanyak 263 kloter telah mendapatkan tasrih. Hari ini ada 18 kloter. Terakhir yakni embarkasi Balikpapan 9 (BPN 9) nanti yang akan masuk ke Raudhah
Madinah (ANTARA) - Sebanyak 18 kloter jamaah calon haji gelombang pertama menjadi yang terakhir memasuki Raudhah di Masjid Nabawi, Selasa (13/6), dan setelah memenuhi masa tinggal serta menjalankan Arbain untuk selanjutnya diberangkatkan ke Mekkah.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Zaenal Muttaqin usai menemui jamaah haji kloter terakhir masuk Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah, Selasa (13/6) menjelaskan seluruh jamaah haji gelombang pertama yang tiba di Madinah dipastikan telah mendapatkan tasrih atau surat izin masuk Raudhah di Masjid Nabawi.

"Alhamdulillah seluruh kloter yang telah tiba di Madinah gelombang pertama sebanyak 263 kloter telah mendapatkan tasrih. Hari ini ada 18 kloter. Terakhir yakni embarkasi Balikpapan 9 (BPN 9) nanti yang akan masuk ke Raudhah," katanya.

Pemerintah Indonesia, lanjut Zaenal, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi yang sudah memfasilitasi jamaah haji Indonesia untuk bisa ibadah ke Raudhah dan ziarah ke makam Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Baca juga: 23 kloter terima izin masuk Raudhah dan tidak ada pembatasan usia

"Harapan para jamaah ketika di Madinah adalah bisa masuk ke Raudhah dan bisa ziarah ke makam Rasulullah," kata Zaenal yang juga berterima kasih kepada seluruh petugas PPIH Arab Saudi Daker Madinah.

Zaenal berterima kasih, terutama kepada layanan bimbingan ibadah (bimbad) yang sudah meng-input seluruh jamaah haji Indonesia ke e-hajj agar bisa mendapatkan tasrih, termasuk juga petugas di Sektor Khusus (Seksus) Nabawi.

"Terima kasih kepada petugas sektor khusus yang berjuang siang malam di bawah terik matahari untuk bisa membimbing dan mengarahkan jamaah haji bisa masuk Raudhah dengan tertib. Jamaah dengan sabar dituntun dan dibimbing oleh petugas Seksus mulai lansia maupun jamaah lainnya yang memiliki kebutuhan khusus," katanya.

Koordinator Pembimbing Ibadah di Masjid Nabawi Basori Alwi menambahkan dari awal sampai Selasa (13/6) ada 277 kloter dengan 90.296 tasrih yang telah dikeluarkan.

"Ini (Selasa, 13 Juni 2023) hari terakhir jamaah haji Indonesia yang masuk Raudhah. Jumlahnya ada 18 kloter dengan 144 calon haji," tutup Basori seusai mengawal jamaah laki-laki kloter terakhir yang masuk Raudhah.

Baca juga: Jamaah haji dipastikan dapat tasrih untuk masuk ke Raudhah
Baca juga: Jamaah haji jangan lupa berdoa di Raudhah tempat yang mustajab

Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023