Surabaya (ANTARA) - PT PLN (Persero) menambah pembangkit hijau hingga membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jawa Timur sebagai upaya mengawal berbagai langkah pemerintah provinsi setempat untuk mencapai Net Zero Emission (NZE).

"Pemerintah Jawa Timur telah memulai langkah apik dengan mengawal melalui kebijakan dan regulasi seperti Peraturan Gubernur nomor 6 tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Daerah," kata Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UID Jawa Timur Achmad Satria Prakarsa dalam keterangannya, Rabu.

Perhatian PLN, kata dia, ditunjukkan dengan capaian bauran energi terbarukan yang terus meningkat mencapai 13,14 persen dari total kapasitas sebesar 69ribu MW. Sementara di Jawa Timur bauran energi terbarukan mencapai 3 persen dari total kapasitas sebesar 10ribu MW.

"Dalam RUPTL 2030, PLN telah menyusun berbagai upaya salah satunya penambahan pembangkit energi hijau kira-kira 29ribu MW dan di Jatim sendiri mencapai 2.300 MW. PLN optimis bisa mencapai milestone tercapainya NZE pada 2060," ujar Satria.

Dari berbagai langkah yang telah ditempuh Pemerintah dan PLN, pihaknya di Jawa Timur sisi hulu berfokus untuk mengawal transisi kendaraan berbasis BBM menuju kendaraan listrik.

"Hal ini dikarenakan salah satu penyumbang emisi terbesar adalah sektor transportasi," tambah Satria.

Lebih lanjut ia memaparkan langkah yang telah ditempuh PLN ialah menyiapkan infrastruktur kendaraan listrik secara masif. Di Jawa Timur, SPKLU terdapat di 22 lokasi dengan 37 charging station yang bisa digunakan untuk mobil listrik.

Sementara untuk Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk motor listrik sebanyak 460 dan ada pula Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di PLN UP3 Surabaya Selatan.

"Tak hanya itu kami juga memberikan layanan homecharging bekerja sama dengan pabrikan mobil listrik. Jika membeli listrik biasanya mendapat fasilitas homecharging, PLN yang memasang instalasinya. Kami juga ada diskon pengisian pukul 10 malam hingga 5 pagi sebesar 3 persen," ujar Satria.

Dengan masifnya infrastruktur kelistrikan, diskon dan layanan serta efisiensi yang ditawarkan, PLN mengimbau untuk masyarakat ikut mengambil peran dalam langkah besar transisi energi salah satunya dengan beralih ke kendaraan listrik.

General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran menyatakan kesiapan sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah terkait langkah percepatan transisi energi seperti pembangunan pembangkit dari energi hijau baik dari Independent Power Producer (IPP) maupun PLN.

"Yang saat ini telah kami petakan untuk segera beroperasi yakni pembangkit listrik tenaga surya di pulau-pulau terluar Sumenep. Ada pula pembangkit listrik tenaga minihidro di beberapa wilayah. Adapun pengembangan PLTP misalnya dari Ijen dan lain-lain kami sepenuhnya dukung," kata Lasiran.

Sekretaris Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur Oni Setiawan memaparkan keseriusan pengurangan emisi karbon dapat seimbang dengan adanya energi terbarukan.

Melalui Pergub nomor 6 tahun 2019, Surat Edaran (SE) nomor 671/85/124.3/2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dan lainnya, Oni berharap seluruh pihak dapat bersinergi mengimplementasikan.

Dalam mencapai target Net Zero Emission, Pemerintah sedang menerapkan lima prinsip utama, yakni peningkatan pemanfaatan EBT, pengurangan energi fosil, kendaraan listrik di sektor transportasi, peningkatan pemanfaatan listrik pada rumah tangga dan indistri, dan pemanfaatan carbon capture and storage (CCS).

Baca juga: PLN pastikan tak membatasi pemasangan PLTS atap oleh pelanggan
Baca juga: PLN gandeng ION Mobility bangun 100 SPLU di DKI Jakarta
Baca juga: PLN: 50 persen tambahan kapasitas pembangkit listrik 2030 berbasis EBT

 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023