Hingga Rabu (14/6) ini sudah 17 kloter yang masuk ke Asrama Haji Indramayu
Indramayu, Jabar (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Barat, menyatakan hingga Rabu (14/6) 2023  Asrama Haji Indramayu, telah menampung sebanyak 17 kelompok terbang (kloter) calon haji (calhaj).

"Hingga Rabu (14/6) ini sudah 17 kloter yang masuk ke Asrama Haji Indramayu," kata Ketua Tim Akomodasi Transportasi dan Perlengkapan Haji (ATPH) Kanwil Jabar Boy Subhul Muniir di Indramayu, Rabu.

Ia mengatakan selama berada di Asrama Haji Indramayu ke-17 kloter yang diterbangkan melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka itu berjalan lancar.

Meskipun pada awal-awal kedatangan calhaj petugas sempat harus beradaptasi, kata dia, akan tetapi saat ini sudah berjalan lebih baik dan lancar, tidak ada kendala yang berarti.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar, tidak ada kendala yang berarti," katanya.

Menurutnya petugas yang bersiaga di Asrama Haji Indramayu totalnya terdapat 120 orang, mulai dari pihak keamanan, kesehatan, petugas inti, dan lain sebagainya.

Ia menjelaskan Asrama Haji Indramayu ini menampung sebanyak 24 kloter yang berasal dari Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Subang, dan Sumedang. Sedangkan yang sudah diterbangkan menuju ke Tanah Suci berjumlah 17 kloter.

Menurutnya sempat ada satu calhaj yang gagal terbang, karena masalah kesehatan, namun setelah dinyatakan sembuh calhaj asal Kabupaten Indramayu itu kemudian diberangkatkan dengan kloter lainnya.

Saat ini, kata dia, calhaj dari Asrama Haji Indramayu sudah mengenakan pakaian ihram ketika akan berangkat ke BIJB Kertajati.

"Untuk gelombang kedua pemberangkatan dari asrama sudah mengenakan pakaian ihram, karena penerbangan dari BIJB langsung ke Jeddah," demikian Boy Subhul Muniir.


Baca juga: Calon haji Cirebon mulai diberangkatkan ke Asrama Haji Indramayu

Baca juga: Komisi VIII DPR RI soroti ketersediaan air di Asrama Haji Indramayu

Baca juga: Kebutuhan air bersih di Asrama Haji Indramayu dipenuhi pemda

Baca juga: 8.968 calon haji akan berangkat melalui Bandara Kertajati


 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023