Medan (ANTARA) - Pengamat ekonomi dari Universitas Sumatera Utara (USU) Wahyu Ario Pratomo mengatakan, kenaikan harga telur ayam dan daging ayam ras tidak akan melonjakkan inflasi Sumatera Utara.

"Kenaikan harga dua komoditas tersebut akan mempengaruhi peningkatan inflasi Sumut, tetapi tidak begitu besar," ujar Wahyu kepada ANTARA di Medan, Rabu.

Menurut pria yang juga dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU itu, telur ayam dan daging ayam ras sulit melambungkan inflasi secara mendadak karena merupakan bahan pangan yang bisa digantikan.

Artinya, andai masyarakat tidak mengonsumsi telur dan daging ayam ras karena mahal, mereka dapat menggantinya dengan sumber protein lain.

"Seperti misalnya ikan, tahu atau tempe. Kontribusi dua komoditas tersebut kepada inflasi tidak sebesar cabai merah yang cenderung tidak dapat disubstitusi. Beras juga demikian," tutur Wahyu.

Laki-laki yang menamatkan program masternya di Macquarie University, Australia, itu mencontohkan situasi inflasi Sumut pada Mei 2023 yang sebesar 0,27 persen secara bulanan, 0,37 persen secara "year to date" dan 3,66 persen "year on year".

Secara bulanan, harga daging ayam broiler yang sudah naik cuma berpengaruh 0,17 persen untuk inflasi.

Dan, bagi Wahyu, nilai inflasi tersebut masih terkendali dan masih berada di batas yang ditetapkan Bank Indonesia yakni tiga plus minus satu persen.

"Inflasi Sumut masih wajar pada bulan Mei 2023, masuk di ambang yang ditargetkan. Kontribusi daging ayam dan telur ayam untuk inflasi ada tetapi biasanya berkisar 0,1 sampai 0,2 persen saja," tutur Wahyu.

Harga daging ayam dan telur ayam di Sumatera Utara cenderung tinggi pada beberapa bulan terakhir.

Berdasarkan data Sistem Harga Pangan Komoditas Utama Sumatera Utara (SiHarapanKu), Rabu (14/6), harga telur ayam ras di Sumut berkisar Rp25.500 sampai Rp36.500 per kilogram.

Di hari yang sama, harga daging ayam ras di Sumut sekitar Rp29.500-Rp45.000 per kilogram.

Pemerintah, melalui Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Harga Acuan Pembelian Di Tingkat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras dan Daging Ayam Ras, menetapkan bahwa harga acuan penjualan di konsumen untuk telur ayam ras Rp27 ribu per kilogram dan daging ayam ras Rp36.750 per kilogram.

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023