Tekanan inflasi tarif angkutan udara secara year on year (yoy) tampak terus menurun dalam beberapa bulan terakhir
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penurunan harga tiket pesawat menjelang masa liburan sekolah patut dimanfaatkan sektor parekraf di Indonesia.
 
"Penurunan harga ini patut dimanfaatkan oleh para pelaku parekraf di Indonesia dengan menawarkan paket perjalanan yang unik dan menarik dengan harga yang terjangkau. Apalagi, dalam waktu dekat kita akan memasuki masa liburan sekolah di mana akan ada banyak wisatawan yang mengajak keluarganya untuk bertamasya," ujar Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Sandiaga mengatakan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), setelah momen libur Idul Fitri pada April 2023 terjadi deflasi komoditas harga tiket pesawat.
 
"Tekanan inflasi tarif angkutan udara secara year on year (yoy) tampak terus menurun dalam beberapa bulan terakhir," kata Sandiaga.
 
Penurunan harga tiket ini, lanjut dia, berlaku ke seluruh penerbangan di Indonesia termasuk penerbangan ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia yang harganya tidak melebihi Rp1 juta.
 
Melihat data tersebut, Menparekraf mengungkapkan hal ini bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja di sektor parekraf, terlebih, penurunan harga tiket ini bertepatan dengan momen liburan sekolah.
 
Selain itu, ia juga mendorong agar wisatawan dapat memanfaatkan momen libur sekolah untuk berwisata di destinasi-destinasi wisata di Indonesia, dengan harapan target pergerakan wisatawan nusantara sebesar 1,2 miliar - 1,4 miliar di tahun 2023 bisa dicapai.
 
"Kemenparekraf terus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk menghadirkan paket-paket wisata yang menarik di dalam negeri, jadi mari kita berwisata #DiIndonesiaAja. Sehingga wisatawan bisa ikut berpartisipasi dalam membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," ujarnya.

Baca juga: Kemenparekraf bidik masa libur sekolah sumbang 20---30 persen wisnus
Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata di Bali saat liburan sekolah

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023