Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau menyebutkan sebanyak 9.281 calon haji sudah diberangkatkan ke Mekkah, Arab Saudi.

Koordinator Media Center Haji (MCH) Embarkasi Hang Nadim Batam Syahbudi mengatakan 9.281 calon haji terdiri atas 25 kelompok terbang (kloter) yang diberangkatkan melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Sampai saat ini sudah ada 9.281 jamaah yang diberangkatkan, total ada 25 kloter. Saat ini sedang keberangkatan untuk jamaah asal Kalimantan Barat," kata Budi saat dihubungi di Batam, Kamis.

Ia menyampaikan seluruh penerbangan haji Embarkasi Hang Nadim Batam dilayani oleh maskapai Saudi Arabia.

Kata Budi, saat ini pihaknya memasuki tahapan gelombang dua dengan memberangkatkan jamaah calon haji ke Mekkah.

"Jamaah kloter 1 sampai kloter 18 diberangkatkan ke Madinah. Saat ini sudah masuk ke gelombang 2, dari kloter 19 sampai kloter terakhir nanti diberangkatkan ke Mekkah," ujar dia.

Selain itu, ia menambahkan saat ini tersisa satu kloter jamaah calon haji yang masih berada di Madinah, yang besok akan diberangkatkan ke Mekkah.

Pada musim haji 2023, Embarkasi Hang Nadim Batam melayani sebanyak 32 kloter dengan total 11.926 calon jamaah haji dari empat provinsi di Indonesia, di antaranya Kalimantan Barat, Kepri, Riau dan Jambi.

"Embarkasi Batam melayani sekitar 11 ribu lebih jamaah. Yang masuk asrama Kepri dan Kalbar. Jambi dan Riau Embarkasi Antara tidak masuk asrama," demikian Budi.

Baca juga: 75 persen calon haji Jateng dan DIY telah diterbangkan ke Tanah Suci
Baca juga: Pemerintah fasilitasi badal calon haji yang meninggal dan sakit
Baca juga: Petugas pastikan jamaah disabilitas mendapatkan layanan pendamping


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023