Selanjutnya, Kementerian Perindustrian akan terus mendorong promosi dan percepatan realisasi asing masuk ke Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak enam perusahaan dengan total investasi mencapai 800 juta dolar AS (sekira Rp12 triliun) resmi berinvestasi di Wiraraja Industrial Park di Kabil, Batam, Kepulauan Riau, yang juga merupakan hasil tindak lanjut keikutsertaan Indonesia di Hannover Messe 2023.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian (Dirjen KPAII Kemenperin) Eko SA Cahyanto menyampaikan kesuksesan masuknya investasi tersebut juga tidak terlepas dari partisipasi Indonesia sebagai Partner Country Hannover Messe 2023.

“Selanjutnya, Kementerian Perindustrian akan terus mendorong promosi dan percepatan realisasi asing masuk ke Indonesia,” kata Eko dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Keenam perusahaan itu yakni PT Apollo Solar Indonesia, PT Marubeni Global Indonesia, PT Tynergy Technology Group, PT Wiraraja Yunan International, PT Alpha Solar Indonesia, dan Jaya Electrical Energy. Investasi perusahaan-perusahaan tersebut diproyeksi akan menciptakan lapangan kerja bagi 13.000 orang.

Eko menyebut dukungan juga didapatkan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk peran KJRI Los Angeles yang memfasilitasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian terhadap rencana investasi Tynergy di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya saat meresmikan pendirian enam perusahaan tersebut, awal Juni lalu, menyampaikan bahwa Indonesia menjadi salah satu anggota G20 yang paling berhasil dalam pemulihan ekonomi.

Perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,03 persen (yoy) pada triwulan I 2023. Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa Indonesia mampu mengatasi dampak pandemi dengan baik.

Grand Opening of 6 Companies di Wiraraja Industrial Park merupakan salah satu momen penting bagi Indonesia dalam upaya pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 serta mengakselerasi peningkatan daya saing industri dan pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Menko Airlangga.

Keberhasilan masuknya investasi di Indonesia tidak terlepas dari promosi dan kemudahan investasi yang diberikan.

Airlangga juga menyampaikan, Pemerintah Indonesia memberikan berbagai insentif investasi yang sangat menjanjikan, antara lain tax holiday, tax allowance, import duty exemption, dan super tax deduction demi menarik minat para investor ke Tanah Air.

Baca juga: Menko Airlangga resmikan enam perusahaan baru di Batam
Baca juga: Mendagri minta daerah lain di Kepri selain Batam tingkatkan investasi

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023