Batam (ANTARA) - Sebanyak 24 wali kota yang merupakan anggota Komisariat Wilayah I (Komwil) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menanam pohon tabebuya di Dataran Engku Putri sebagai penutup rangkaian rapat kerja yang dilaksanakan di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan kegiatan lainnya yaitu senam bersama dan bersepeda santai yang juga diikuti oleh pegawai di lingkungan Pemkot Batam.

"Pohon tabebuya juga mampu membersihkan udara dari polutan yang berbahaya. Karena itu, penanaman pohon ini diharapkan memberikan manfaat bagi Kota Batam," kata Rudi dalam keterangan yang diterima di Batam, Kamis.

Ia menyampaikan kegiatan Raker Komwil I APEKSI juga menjadi agenda promosi bagi Batam.

Baca juga: Wali Kota Medan ajak Apeksi bangkitkan ekonomi melalui UMKM

Baca juga: APEKSI: Pemkot harus perkuat pasar domestik, dongkrak ekonomi tumbuh


Pihaknya berharap setelah kegiatan ini 24 wali kota maupun OPD yang hadir di Batam dapat terkesan dengan Batam.

"Sehingga mereka bisa bercerita dengan keluarga di sana bahwa Batam susah sangat siap dikunjungi wisatawan," kata dia.

Hasil dari Raker Komwil I APEKSI ini akan dilanjutkan untuk pembahasan pada kegiatan Raker Nasional APEKSI yang akan berlangsung pada Juli mendatang di Makassar.

Sebelumnya, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) membahas terkait pencegahan inflasi dan pertumbuhan ekonomi dalam Rapat Kerja Komisariat Wilayah I (Raker Komwil) yang dilaksanakan di Kota Batam.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya di Batam, Rabu, mengatakan dengan adanya pelaksanaan Raker Komwil I APEKSI yang melibatkan sebanyak 24 pemerintah kota, maka masing-masing pemkot dapat saling bertukar informasi terhadap potensi yang dimiliki oleh daerahnya.

"Fokusnya tetap sinergi untuk pembangunan ekonomi dan pencegahan inflasi, dan kami senang sekali di Batam, karena kami disuguhkan contoh yang sangat baik dari Wali Kota Batam," kata Bima.*

Baca juga: APEKSI bahas pencegahan inflasi dalam Raker Komwil I di Batam

Baca juga: Bank Indonesia ajak para wali kota bersinergi atasi inflasi


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023