Palembang (ANTARA) - Telkomsel melalui tSurvey.id menghadirkan layanan khusus untuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) guna mengakselerasikan pengambilan keputusan bisnis berbasis data.

Vice President Data Solutions Telkomsel dalam keterangan yang diterima di Palembang, Kamis, mengatakan kehadiran layanan terbaru ini mendukung terciptanya pengambilan keputusan berbasis insight bagi sektor UMKM yang merupakan salah satu sektor industri yang berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia.

”Layanan ini akan menangkap berbagai insight dari seluruh pelanggan di Indonesia, mulai dari aspek kebiasaan, opini, hingga persepsi responden terhadap sebuah produk secara tepat, sehingga dapat membantu UMKM untuk mengoptimalkan pemasaran dan penjualan produknya.” katanya.

Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler konsisten hadir terdepan memberikan dukungan dan sinergi yang kuat melalui pemanfaatan aset serta ekosistem digital yang dimiliki, dengan merilis solusi berbasis insight khusus UMKM yang dapat membantu pelaku riset sektor UMKM melalui layanan tSurvey.id

Layanan terbaru dari tSurvey.id untuk segmen UMKM ini menghadirkan beragam fitur yang lebih user friendly, efisien, dan fleksibel untuk dapat dikerjakan serta digunakan sendiri, baik oleh pelaku UMKM maupun periset.

Selain itu, layanan tersebut juga memiliki harga yang terjangkau dan didukung juga oleh kapabilitas platform tSurvey.id yang kaya akan data insight telco dengan sejumlah keunggulan, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur targeting dan profiling responden yang akurat, serta keluaran hasil yang lebih cepat.

“Dengan hadirnya layanan khusus untuk sektor UMKM, diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis sektor UMKM untuk dapat meningkatkan performansi dan memperkuat posisi mereka di segmen pasarnya dengan memahami perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan dari perspektif responden,” kata dia.

Telkomsel melalui solusi tSurvey.id berkomitmen untuk menjadi mitra strategis terdepan bagi lintas sektor industri yang dapat membantu mendapatkan wawasan berharga dari market dan pelanggan yang dapat digunakan untuk membantu pengambilan keputusan serta penentuan arahan bisnis menjadi lebih tepat berbasis insight yang akurat, kata Alfian.

Baca juga: Telkomsel dan PIM tingkatkan daya saing UMKM perempuan

Baca juga: Telkomsel dukung transformasi digital UMKM lewat koneksi berkualitas
 

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023