Social development juga kami lakukan di samping kami melakukan commercial bisnis perusahaan
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) meraih penghargaan dalam ajang BUMN Entrepreneurial Marketing Award (BEMA) 2023, yang diselenggarakan MarkPlus, Inc.

Dalam penyerahan penghargaan di Jakarta, Rabu (14/6/2023), Pertamina diganjar penghargaan Entrepreneurial Marketing Recognition Award 2023 dan The Most Promising Company In Marketing 3.0 untuk Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) Pertamina.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan upaya Pertamina dalam mendukung pengembangan bisnis UMKM di Indonesia telah terbukti manfaatnya bagi para pelaku usaha.

Selain itu, menurut dia, langkah transformasi yang sukses mendorong kinerja Pertamina, juga mengantarkan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini, dan Direktur SDM & Penunjang Bisnis PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Mia Krishna Anggraini mendapat penghargaan DEWI BUMN.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada direksi perempuan di BUMN, yang telah berperan penting dalam proses transformasi perusahaan.

Penghargaan lainnya juga diraih Pertamina Group antara lain Chief Marketing Officer (CMO) of The Year yang diraih Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Mars Ega Legowo Putra; Gold Winner untuk kategori Branding Campaign diraih PT Pertamina Patra Niaga untuk kategori Marketing 3.0; Bronze Winner untuk kategori strategic marketing diraih PT Pertamina Gas Negara (PGN); dan Silver Winner untuk PT Pertamina Patra Niaga.

Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini mengatakan penghargaan ini membuktikan Pertamina secara persisten dan konsisten melakukan transformasi ke arah perubahan yang lebih baik dan melakukan praktik-praktik bisnis dan strategic marketing yang menunjang keberlanjutan kinerja perusahaan ke depan.

"Social development juga kami lakukan di samping kami melakukan commercial bisnis perusahaan. Terbukti dengan beberapa award terkait dengan CSR kita mendapatkan pengakuan juga di samping kinerja perusahaan yang memang terbukti dengan kinerja pada 2022 yang cukup baik," ujarnya.

Lebih lanjut, Emma menyatakan penghargaan ini akan menjadikan Pertamina lebih bersemangat untuk terus berprestasi dan meningkatkan kinerja ke depan.

"Terima kasih kepada seluruh Perwira Pertamina yang telah terbukti kinerjanya menghasilkan karya nyata dan memiliki recognize untuk seluruh masyarakat Indonesia," sebutnya.

Vice President CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman menambahkan apresiasi ini semakin memberikan motivasi bagi Pertamina untuk terus memberdayakan UMKM di Indonesia, sehingga mampu memperluas segmen pasarnya hingga ke internasional.

"Diharapkan UMKM mitra binaan Pertamina semakin banyak yang mendapatkan pelatihan dan juga mengikuti kelas-kelas pemberdayaan dan juga pembinaan dari tim Pertamina. Sehingga, mereka secara kapasitas meningkat, secara skills juga meningkat dan juga mereka bisa meningkatkan kemampuan mereka untuk bisa memperluas pasar di Indonesia dan juga dunia," ujarnya.

Fadjar menambahkan Pertamina optimistis kemajuan transformasi akan terus dicatatkan perseroan dan seluruh anak perusahaan.

Menurut dia, transformasi Pertamina dibangun berkelanjutan untuk mendukung proses transisi energi dan dengan tetap menjamin ketersediaan energi untuk negeri.

"Penghargaan yang diberikan bagi manajemen dan perusahaan menjadi spirit Pertamina untuk meraih kinerja lebih baik lagi di masa depan," ujarnya.

Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen mendukung target net zero emission pada 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG's).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan aspek environmental, social & governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Baca juga: Pertamina: Pengoperasian MLN Aljazair untuk ketahanan energi nasional
Baca juga: Pengamat: Kinerja PGEO sinyal positif bagi pengembangan EBT Indonesia

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023