Jakarta (ANTARA) - Penyanyi asal Indonesia yang kini berkarier di Jepang, Ica Zahra menceritakan pengalamannya merintis karier di Jepang.

Saat ditemui dalam acara “Peluncuran Menu ‘Taste of Japan’ McD Indonesia,” Jakarta, Kamis, Ica mengatakan sudah memulai hobi bermusiknya sejak di bangku sekolah menengah. Minatnya terhadap musik dan budaya di Jepang semakin besar saat dirinya mengikuti pertukaran pelajar ke Jepang. Akhirnya, ia pun mengikuti audisi ajang menyanyi di salah satu televisi di Jepang atas saran dari teman-temannya.
 
“Tanpa disangka-sangka aku bisa menang,” kata Ica.

Ica pun berhasil meraih juara pertama untuk acara “Nippon Television Nodojiman The World” tahun 2015 lalu. Dari situlah karier menyanyi Ica semakin cemerlang dengan banyaknya agensi bakat dari Jepang yang menawarkan kerja sama dengannya.

Namun, karena saat itu ia masih kuliah, tawaran dari agensi Jepang di tahun tersebut terpaksa ia tolak hingga masa kuliah sarjananya selesai.

Baca juga: Chilla Kiana tunda rilis video klip "AKS"

Ia pun memutuskan untuk melanjutkan sekolah pascasarjana-nya di Jepang dan mulai menggeluti dengan serius karier menyanyinya.

Kini, Ica Zahra telah berhasil mengeluarkan beberapa lagu berbahasa Jepang, Inggris, dan Indonesia. Ia pun sempat berkolaborasi dengan salah satu penyanyi rap asal Jepang, Matvin, dalam sebuah proyek lagu.

Sebagai wanita berhijab, Ica mengaku tidak mengalami kendala berarti selama tinggal dan merintis karier di Jepang. Sebaliknya, identitas hijabnya membuat orang-orang mengingatnya sebagai penyanyi dan semakin dikenal.

“Di Jepang, aku nggak merasa penampilanku menjadi halangan,” kata Ica.

Meski begitu, terkadang bahasa menjadi salah satu kendala yang dapat membatasinya dengan beberapa orang di Jepang. Walaupun ia secara serius mempelajari bahkan masuk ke dalam jurusan sastra Jepang, Ica merasa masih harus banyak belajar agar ia dapat berbicara dengan lebih lancar.

Ica pun sempat memberikan sedikit bocoran bahwa ia akan melakukan kolaborasi musik dengan beberapa artis Indonesia. Namun, ia masih merahasiakan rincian proyeknya tersebut. Terbaru, Ica dan McD Indonesia melalukan kolaborasi dalam lagu “Nihon No Fureebaa” dalam rangka peluncuran menu terbaru “Taste of Japan” dari McD.

Ke depannya, Ica akan terus melakukan karier bermusiknya di Jepang. Selain karena kariernya dimulai di sana, Ica mengaku akan segera menikah dengan salah satu pria Jepang dan menetap di sana.

“Saat ini aku pilih Jepang karena aku berkarier di Jepang. Calonku pun di Jepang,” kata Ica.

Baca juga: Shakira Jasmine ajak pendengar selami sisi lain hidup di lagu "Best"

Baca juga: Maria Calista akan rilis proyek kolaborasi musik

Baca juga: Gangga maknai rumah lewat single baru "Empty House"

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023