Alhamdulillah dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap jemaah ramah lansia, PPIH dapat bantuan kursi roda
Mekkah (ANTARA) - Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu (Sihdu) Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI,  Jaja Jaelani mengapresiasi bantuan kursi roda untuk jemaah haji lanjut usia (lansia) dari berbagai pihak.

"Alhamdulillah dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap jemaah ramah lansia, PPIH dapat bantuan kursi roda," kata Jaja di Mekkah, Kamis.

Bantuan ratusan kursi roda tersebut akan didistribusikan untuk meningkatkan pelayanan lansia di Mekkah, Madinah dan saat pelaksanaan puncak haji di Arafah, Mudzdalifah dan Mina (Armuzna).

"Bank Syariah Indonesia (BSI) memberikan bantuan 100 kursi roda, nanti akan segera kami distribusikan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah haji lansia.

Jaja nambahkan, Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas juga memberikan bantuan kursi roda 100 unit.

Sebelumnya, pengelola Masjid Nabawi menyerahkan 15 kursi roda kepada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Asisten Wakil Sekretaris untuk Layanan Kemanusiaan, Sukarelawan dan Kemanusiaan Masjid Nabawi Naif Mus ih A Mutairi kepada Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin di pelataran Masjid Nabawi pada Rabu, 14 Juni 2023.

Kemenag berkomitmen mewujudkan pelayanan haji ramah lansia dengan jumlah lansia pada penyelenggaraan haji 1444 H/ 2023 M sebanyak 67 ribu.

Pelayanan jemaah haji khususnya lansia juga mendapat apresiasi dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas baik yang melakukan pelayanan calon jamaah haji Indonesia di Jeddah, Madinah, Mekkah dan 14 embarkasi di sejumlah wilayah Indonesia.

Menteri Yaqut atau Gus Men juga berharap para petugas haji Indonesia bekerja dengan melibatkan hati dan melayani calon jemaah haji Indonesia layaknya orang tua sendiri.

Baca juga: Bandara Samrat siapkan layanan khusus JCH lansia
Baca juga: Ratusan calon haji Sulut diberangkatkan ke Embarkasi Balikpapan
Baca juga: Dirjen Haji: Penghentian layanan katering terjadi di setiap tahun

Pewarta: Wahyu Putro Arinto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023