Ini jauh melebihi perkiraan
Cambridge (ANTARA News) - Ribuan barang milik seorang staf Presiden John F. Kennedy berhasil terjual dua juta dolar AS atau sekitar Rp19,2 miliar (1 dolar = Rp9.600) dalam sebuah lelang yang dilakukan hampir 50 tahun setelah Kenndy terbunuh.

Sebuah kartu ucapan selamat ulang tahun dari anaknya, John F. Kennedy Jr--yang juga telah meninggal dunia, terjual senilai 17 ribu dolar AS, bendera yang dikibarkan pada iring-iringan mobil limosin Kennedy terjual dengan harga 55 ribu dolar AS, sementara segel yang tergantung di atas meja staf itu di West Wing dijual dengan harga 17 ribu dolar AS, kata Dan Meader, penilai lelang Balai Lelang John McInnis.

Barang paling berharga dalam penawaran yang dimulai pada Minggu pagi itu adalah jaket penerbang Angkatan Udara milik Kennedy, yang terjual dengan harga 570 ribu dolar AS, jauh lebih tinggi dari penawaran awal yaitu 20 ribu hingga 40 ribu dolar AS.

Koleksi kenang-kenangan Kennedy yang dijual itu termasuk antara lain surat-surat, foto, buku dan sejumlah barang lainnya yang telah tersimpan di rumah David Powers, yang meninggal pada tahun 1998.

Barang-barang itu ditemukan dalam beberapa tahun terakhir oleh kerabat-kerabatnya saat mereka mempersiapkan penjualan rumah Powers di Arlington, Massachusetts.

Powers dekat dengan Presiden Kennedy sepanjang masa karir politiknya, dari 1946 sampai pembunuhan presiden itu pada 22 November 1963. Dia kemudian tetap dekat dengan keluarga Kennedy dan menjadi kurator Perpustakaan Presiden John F. Kennedy dan museumnya di Boston sebelum pensiun pada tahun 1994.

Lelang itu juga melibatkan sejumlah barang pribadi yang mencerminkan tahun-tahun bersejarah Powers bersama dengan Kennedy dan keluarganya. Di antara barang-barang itu adalah puluhan surat dari mantan ibu negara Jackie Kennedy dan buku yang berisi catatan presiden.

Sejumlah barang terjual sekitar 20 kali dari perkiraan harga penawaran dalam sesi penawaran yang membutuhkan waktu dua kali lebih lama dari yang dijadwalkan, kata Meader.

Penyelenggara belum menghitung jumlah penawaran total namun diperkitakan sekitar 1-2 juta dolar AS, katanya.

"Ini jauh melebihi perkiraan," kata Meader.

Sekitar 400 orang dari seluruh negeri menghadiri lelang di Amesbury, Massachusetts, yang berakhir tak lama setelah pukul 5 pagi waktu setempat, Senin. Sementara itu penawar dari seluruh dunia berpartisipasi dalam jaringan, katanya.
(G003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013