Cirebon (ANTARA) - Kepala Staf Umum (Kasum) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Bambang Ismawan mengatakan pasukan TNI, baik yang elite maupun prajurit perlu terus dilatih untuk meningkatkan kesiapan mereka ketika dibutuhkan oleh negara.

"Sangat penting karena kita harus latihan dan latihan, sebab dengan semakin banyak latihan kita akan semakin siap," kata Letjen TNI Bambang di Cirebon, Jawa Barat, saat menyaksikan latihan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Pelabuhan Cirebon.

Bambang mengatakan latihan anggota TNI sangat diperlukan, sehingga pihaknya memastikan tidak akan berhenti berlatih agar semua anggota semakin siap, terutama para pasukan khusus.

Menurut dia, ketika pasukan mendapatkan latihan yang memadai maka ketika dibutuhkan oleh negara yaitu adanya gangguan,  mereka sudah siap karena telah mendapatkan ilmu yang memadai.

"Untuk itu kita tidak akan pernah berhenti latihan. Karena ketika ada gangguan serta diperlukan pasukan khusus, maka kita sudah siap," tuturnya.

Bambang menjelaskan pasukan Koopssus dibentuk pada tahun 2019 terdiri dari tiga pasukan elite yang berada di tiga matra TNI yaitu Angkatan Darat, Laut, dan Udara.

Menurut dia, pasukan itu dipastikan sudah siap apabila dibutuhkan untuk melakukan operasi apa pun, baik di dalam negeri maupun luar negeri karena mereka sudah terlatih dengan baik.

"Kami ketika diperlukan di mana pun siap karena kita tidak tahu ancaman, gangguan dan apa pun itu, sehingga siap diperintahkan, baik di dalam negeri maupun luar negeri," ujarnya.

Bambang mengatakan TNI sudah berpengalaman untuk melakukan operasi pembebasan sandera, baik di dalam negeri maupun luar negeri, seperti yang dilakukan oleh pasukan TNI ketika membebaskan tawanan di Somalia dan juga Thailand.

"Pengalaman juga sudah kami rasakan dalam membebaskan sandera, yaitu di Somalia yang belum terlalu lama, dan juga di Thailand. Makanya sangat penting untuk melakukan latihan dan latihan," katanya.
​​​​​​​

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023