Pasti pembinaan khusus harus ada dari dinas terkait seperti dari Dinas PPPA dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung
Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim meminta kepada dinas terkait untuk melakukan pembinaan khusus bagi siswa yang ada di daerahnya guna mencegah adanya aksi kenakalan remaja.

"Mengenai maraknya remaja yang ikut dalam geng motor, ataupun ikut tawuran, kami sempat membahas terkait ini dan ini penting sekali serta tidak bisa dibiarkan," ujar Chusnunia Chalim, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan, untuk mencegah dan mengurangi tindakan kenakalan remaja yang dilakukan oleh siswa di daerahnya, maka perlu dilakukan pembinaan secara khusus.

"Pasti pembinaan khusus harus ada dari dinas terkait seperti dari Dinas PPPA dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung. Karena kalau sudah tergabung di kelompok-kelompok seperti itu di usia yang masih anak akan mengakibatkan mereka kehilangan fokus untuk meraih pendidikan dan cita-cita," katanya.

Dia menjelaskan, langkah pembinaan bagi generasi muda bisa di aspirasi dengan kebijakan pemerintah, dan bila memerlukan anggaran dapat mengajukan di APBD Perubahan.

"Harus ada atensi lebih melalui pembinaan di kalangan muda baik dari sekolah atau dari dinas. Kemarin dilihat bahkan pelaku kenakalan remaja yang terjadi masih di usia sekolah semua ada yang masih siswa SMP, jadi ini harus lebih masif dilakukan pembinaan jangan sampai terlambat," ucapnya.

Menurut dia, selain pembinaan untuk mencegah adanya prilaku negatif akibat kenakalan remaja, para siswa yang kemarin berprilaku tidak menyenangkan haruslah diberi pembinaan mental agar tidak mengulangi prilaku serupa.

"Anak punya hak salah satunya adalah mendapatkan tumbuh kembang yang baik, mampu menempuh pendidikan, meraih cita-citanya. Termasuk di dalamnya harus ada pembinaan mental bagi anak yang kemarin ikut serta melakukan kenakalan remaja. Saya kira ini wajib dari dinas terkait harus lebih tinggi atensinya mengatasi ini sebab mereka akan jadi generasi penerus kita," tambahnya.

Sebelumnya diketahui di Kota Bandarlampung, Lampung beberapa waktu ini marak terjadi aksi kenakalan remaja berupa adanya keikutsertaan remaja dalam geng motor yang menyebabkan tawuran dengan membawa senjata tajam yang meresahkan masyarakat. Meski saat ini sejumlah remaja tersebut telah diamankan oleh pihak berwajib karena meresahkan.

Baca juga: Polda Metro Jaya gelar "Street Boxing" untuk kurangi kenakalan remaja
Baca juga: Kriminalitas kemarin, data kenakalan remaja hingga tawuran Manggarai

 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023