Batam (ANTARA) - Jamaah Calon Haji Embarkasi Hang Nadim Batam menempuh jarak sekitar empat hingga lima kilometer dari pemondokan menuju Masjidilharam, Mekkah.

Pembimbing Ibadah Haji Kalimantan Barat Mahmud Jayadi di Batam, Kepulauan Riau, Jumat, mengatakan JCH Embarkasi Hang Nadim Batam menempati sektor 4 syisyah saat di Mekkah.

"Embarkasi Batam kita nanti akan menempati sektor 4 syisyah, jarak empat sampai lima kilometer dari pemondokan ke Masjidilharam," kata dia.

Ia menyampaikan pihak pemerintahan juga menyediakan Bus Shalawat yang beroperasi 24 jam untuk melayani jamaah calon haji seluruh Indonesia saat berada di Mekkah.

Baca juga: 39 calon haji Batang Jateng akan berangkat dalam Kloter Sapu Jagat

Ia mengimbau jamaah calon haji untuk selalu menjaga kesehatan selama menjalankan rangkaian ibadah haji, mengingat perjalanan yang ditempuh cukup panjang.

"Jamaah diharapkan menjaga kesehatan, tetap jaga kemabruran hajinya, harus sabar, ikuti pelaksanaan haji dengan sebaik-baiknya. Perjalanan kita cukup panjang, maka persiapan harus sebaik mungkin," ujar dia.

Ia mengatakan 373 calon haji asal Kalimantan Barat telah tiba di Asrama Haji Batam yang tergabung dalam kloter 27.

"Hari ini tiba 188 jamaah. Ini penerbangan pertama dari Kalbar ke Batam, ada 188 terdiri dari 183 jamaah, lima petugas kloter. Nanti akan datang penerbangan kedua. Ini kloter 27 dari Embarkasi Hang Nadim Batam," ujar dia.

Hingga Kamis (15/6), tercatat 9.652 calon haji sudah diberangkatkan ke Mekkah, Arab Saudi.

Koordinator Media Center Haji (MCH) Embarkasi Hang Nadim Batam Syahbudi mengatakan 9.652 calon haji dengan 25 kelompok terbang yang diberangkatkan melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Sampai saat ini sudah ada 9.652 jamaah yang diberangkatkan, total ada 25 kloter. Saat ini sedang keberangkatan untuk jamaah asal Kalimantan Barat," kata Budi saat dihubungi di Batam, Kamis (15/6).

Baca juga: PPIH berbagi solusi bagi perempuan haid yang terhalang untuk tawaf
Baca juga: Ratusan jamaah calon haji Bima-NTB diterbangkan menuju Mekkah
Baca juga: Jamaah haji gelombang dua kuota tambahan transit di Madinah satu malam


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023