"Tahun ini pelaksanaan HUT ke-65 Kodam XIII/Merdeka tidak dilaksanakan meriah upacara, parade seperti tahun sebelumnya, tetapi makna peringatan itu sama yakni mengevaluasi dan terus mengintrospeksi diri untuk perbaikan ke depan,"
Manado (ANTARA) - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh mengatakan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-65 Kodam XIII/Merdeka momentum untuk introspeksi diri guna perbaikan kedepan.

"Tahun ini pelaksanaan HUT ke-65 Kodam XIII/Merdeka tidak dilaksanakan meriah upacara, parade seperti tahun sebelumnya, tetapi makna peringatan itu sama yakni mengevaluasi dan terus mengintrospeksi diri untuk perbaikan ke depan," kata Pangdam usai syukuran HUT ke-65 Kodam, di Manado, Jumat.

Pangdam Tuejeh mengatakan dalam memperingati HUT tersebut, menonjolkan kegiatan hal-hal yang bersifat sosial, seperti donor darah, penanaman pohon dan membantu penanganan stunting, orang-orang berkekurangan yang kita anggap hidup di bawa garis kemiskinan.

Walaupun tahun-tahun lalu kegiatan kita seperti itu dilaksanakan, tetapi tahun ini kita buat agak lebih banyak, karena melihat masalah-masalah itu masih menjadi prioritas pemerintah, sehingga kita menjadikan itu juga menjadi prioritas tahun ini.

Sudah juga memberikan penekanan kepada para Dansat untuk melakukan kegiatan seperti itu, serta mengevaluasi karena itu sudah menjadi makna penting bagi setiap pelaksanaan ulang tahun.

"Kita bersyukur Kodam XIII/Merdeka sampai saat ini masih bisa mengawal semua program pemerintah daerah dan pusat," katanya.

Pangdam juga mengatakan, pasukan-pasukan Kodam XIII/Merdeka yang melaksanakan tugas operasi sampai saat ini masih bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Seperti tugas operasi yang dilaksanakan di wilayah Kodam tersebut yakni pengamanan pulau terluar, kemudian tugas operasi di Papua, serta yang ikut terlibat dalam Satgas PBB di Kongo.

Pada syukuran itu Pangdam XIII/Merdeka sempat menyapa kepada prajuritnya yang saat ini sedang melaksanakan tugas baik Satgas Ops Luar Negeri dan Dalam Negeri secara video conference antara lain Satgas Yonif 713/Satya Tama (Satgas BGC) TNI Kongo XXXIX-E, Satgas Yonif Raider 712/Wiratama Satgas di wilayah Puncak Jaya Provinsi Papua dan Satgas Yonif 714/Sintuwu Maroso Satgas Operasi Pengamanan Pulau-Pulau Kecil Terluar berada di Pos Marampir, Kabaruan dan Kawaluso.

Pangdam XIII/Merdeka didampingi Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Cicilia Evie Tuejeh juga menyerahkan bingkisan tali asih kepada Warakawuri secara simbolis sebanyak 25 paket serta pemberian piagam penghargaan kepada prajurit yang berprestasi, peraih medali emas atlet pencak silat terbaik Putri Sertu (K) Fendrika Novia Lapasing satuan Ajendam XIII/Merdeka dan Serda Abdul Aziz Abdullah satuan Paldam XIII/Merdeka peraih perunggu kejuaraan Nasional kategori TNI/Polri Piala Kasad ke-1 TA. 2023.

Hadir pada saat itu, antara lain Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Lutfhie Beta, Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy Tangka, Danrem 131/Santiago
Brigjen TNI Wakhyono, peara pejabat utama Kodam XIII/Merdeka,
.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023