Mudah-mudahan dengan adanya Palembang Expo ini dapat menyemangati para pengusaha kecil di Kota Palembang
Palembang (ANTARA) - Wali Kota Palembang, Sumatra Selatan, Harnojoyo menyebutkan Palembang Expo Tahun 2023 sebagai ajang mempromosikan produk unggulan usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal.

Harnojoyo saat pembukaan Palembang Expo 2023 di Palembang, Jumat, mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu rangkaian acara HUT Kota Palembang ke 1.340 tahun yang bertujuan untuk untuk mempromosikan potensi produk atau jasa, investasi, kerajinan ekonomi kreatif, dan pariwisata unggulan yang ada di kota itu.

“Mudah-mudahan dengan adanya Palembang Expo ini dapat menyemangati para pengusaha kecil di Kota Palembang dan menyambung tali silaturahim serta berkolaborasi dengan pengusaha lain untuk memunculkan inovasi baru yang didapatkan pada acara ini,” katanya.

Palembang Expo 2023 itu memiliki sebanyak 75 anjungan atau stand UMKM lokal yang menggelar pameran produk dalam Palembang Expo 2023 dan akan berlangsung mulai 15-18 Juni 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang Sulhijawati mengatakan Pemkot Palembang terus menggalakkan program untuk membangkitkan UMKM, karena sudah tiga tahun terakhir para pelaku UMKM terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Stan Batik dominasi Pameran Destinasi Indonesia Expo

“Dalam rangka memperingati HUT Kota Palembang, tentunya untuk mewujudkan misi Pemkot Palembang terus mendukung dengan menggalakkan program untuk membangkitkan para pengusaha UMKM yang selama ini terdampak pandemi COVID-19,” katanya.

Ia mengatakan melalui kegiatan ini dapat mendukung peningkatan kualitas pemberdayaan masyarakat khususnya para pelaku UMKM.

“Pameran yang ada di Palembang Expo ini diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan perekonomian dan membangkitkan semangat UMKM, karena pada kegiatan ini juga banyak menampilkan produk-produk unggulan para UMKM lokal yang membuat konsumen tertarik,” ucapnya.

Selain itu, ia mengatakan jika peserta Palembang Expo tidak hanya berasal dari Kota Palembang, namun ada juga dari beberapa kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Para peserta Palembang Expo tidak hanya dari Kota Palembang, akan tetapi ada juga kabupaten/kota seluruh Indonesia sebanyak 56 peserta, masing-masing mereka membawa produk unggulan dari daerahnya, mulai dari produk industri kreatif, fesyen, kerajinan, makanan dan minuman, serta banyak lagi,” kata Sulhijawati.

Baca juga: Palembang Expo 2019 catatkan transaksi Rp3,5 miliar

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023