IGA 2023 merupakan kompetisi kehumasan yang diselenggarakan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja kehumasan pemerintah dan badan publik di lingkungan kementerian,...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meraih dua Gold Winner pada ajang penghargaan prestisius bidang kehumasan, The 1st Indonesia GPR Awards (IGA) 2023, yang diselenggarakan Humas Indonesia.

Dalam acara penyerahan penghargaan The 1st IGA 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (16/6/2023), Kementerian ESDM memperoleh Gold Winner pada kategori Lembaga Humas Pemerintah Terbaik dan Gold Winner pada kategori Program Kehumasan Pemerintah Terbaik melalui Program Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya (Gerilya).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu  mengatakan IGA 2023 merupakan kompetisi kehumasan yang diselenggarakan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja kehumasan pemerintah dan badan publik di lingkungan kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi negeri, BUMN, anak usaha BUMN, BUMD, dan RSUP/RSUD se-Indonesia.

Baca juga: Kementerian ESDM gelar Forum Komunikasi Keselamatan Sektor ESDM 2023

Menurut dia, penghargaan itu menjadi barometer pencapaian tertinggi sekaligus estafet capaian yang terus dipertahankan oleh Kementerian ESDM dalam kinerja komunikasi dan kehumasan.

"Terus berinovasi dan berkolaborasi untuk menciptakan program-program yang kreatif dan bermanfaat menjadi langkah kami untuk tetap menjadi ujung tombak komunikasi pemerintah khususnya di sektor ESDM kepada publik," ujarnya.

Agung juga mengungkapkan Humas Kementerian ESDM ke depannya akan terus mengutamakan komunikasi dan penyampaian informasi yang mudah dipahami dan diterima oleh publik sesuai zamannya.

"Kami juga terus mendorong agar humas pemerintah, khususnya di Kementerian ESDM terus bekerja kreatif dan inovatif menciptakan program komunikasi yang betul-betul berdampak untuk publik dan masyarakat," imbuhnya.

Baca juga: ESDM bakal berhentikan 10 pegawai yang terjerat kasus korupsi tukin

Penjurian IGA 2023 telah berlangsung pada 3-4 Mei 2023 dengan melibatkan dewan juri dari praktisi kehumasan yakni Asmono Wikan, Founder dan CEO Humas Indonesia; Emilia Bassar, CEO Center for Public Relations, Outreach, and Communication dan dosen Universitas Mercu Buana; Janette Maria Pinariya, Wakil Rektor I LSPR; Jojo Suharjo Nugroho, Managing Director Imogen PR; dan Maria Wongsonagoro, President Director IPM Public Relations.

Gelaran The 1st IGA 2023 memberikan apresiasi kepada 110 pemenang terbaik yang bersumber dari penilaian entry maupun non-entry.

Rincian pemenang terdiri atas kategori Humas Pemerintah Terbaik untuk 21 pemenang, Lembaga Humas Pemerintah Terbaik (22 pemenang), Program Kehumasan Pemerintah Terbaik (18 pemenang), dan Pemimpin Terpopuler di Media Online (49 pemenang).

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023