Penghargaan IGA 2023 merupakan bukti komitmen perusahaan dalam pelaksanaan program CSR yang mendorong kemandirian masyarakat mengedepankan Environmental, Social, Governance
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Gas (Pertagas) meraih dua penghargaan di ajang Indonesia Government Public Relations Awards (IGA) 2023 melalui implementasi program kehumasan yaitu tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Corporate Secretary Pertagas, Muhammad Baron mengatakan bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus berinovasi dan berkontribusi pada masyarakat yang mengedepankan aspek sosial, lingkungan serta tata kelola yang baik. Kehumasan saat ini memiliki peranan penting dalam mendukung kelangsungan bisnis perusahaan afiliasi Subholding Gas Pertamina ini.

“Kami bersyukur atas apresiasi yang diberikan kepada Pertagas, penghargaan IGA 2023 merupakan bukti komitmen perusahaan dalam pelaksanaan program CSR yang mendorong kemandirian masyarakat mengedepankan Environmental, Social, Governance (ESG),” ungkap Baron dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Bersaing di kategori Program Kehumasan Pemerintah Terbaik, area operasi Pertagas yakni Operation East Java Area (OEJA) berhasil meraih penghargaan Gold pada sub kategori Program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Selain itu, Operation West Java Area (OWJA) juga berhasil meraih penghargaan Silver pada sub kategori Program Pariwisata dan Pengembangan Desa Wisata.

Dengan mengangkat tema “Komunikasi Publik Untuk Membangun Peradaban Bangsa”, pemberian penghargaan dilaksanakan di Makassar pada Jumat (16/2) dan dihadiri oleh Asisten 1 Pemerintah Kota Makassar, Andi M Yasir dan Founder & CEO Humas Indonesia, Asmono Wikan selaku penyelenggara IGA 2023.

Pada sesi penjurian yang dilaksanakan sejak 4 Mei 2023, masing-masing Area Operasi Pertagas menampilkan Program CSR unggulannya. Pertagas OEJA memaparkan program Taman Olah Jelantah di Desa Kalitengah Sidoarjo, Jatim yang menjawab persoalan limbah jelantah dengan membangun rumah tampung jelantah dan lahirnya sistem jaring pengaman sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Pertagas OWJA memaparkan program Perisai Bumi yang diimplementasikan untuk menjawab persoalan abrasi di Pantai Rembat Desa Juntinyuat, Indramayu, Jabar. Dalam program ini, Pertagas mengajak kelompok Karang Taruna membangun manajemen risiko kebencanaan berbasis pemberdayaan masyarakat serta pelestarian area pesisir sehingga hadir wisata pantai berbasis tanggap kebencanaan.

Pada rangkaian kegiatan IGA 2023, Pertagas juga berkesempatan menjadi pembicara dalam kegiatan workshop dengan tema Mengelola Persepsi Publik. Dalam workshop ini, Manager Communication, Relations & CSR Pertagas, Imam Rismanto bercerita berbagai program komunikasi, manajemen krisis serta pengelolaan CSR yang diimplementasikan oleh Pertagas.

Baca juga: Pertagas raih 7 penghargaan Top CSR Award 2023
Baca juga: Pertagas Niaga sukses gelar uji coba jargas di Solo

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023