Lombok Tengah (ANTARA) - Kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Mina Tenun di Desa Sukarara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat binaan PT Pertamina Patra Niaga memanfaatkan sampah plastik kresek sebagai bahan baku membuat berbagai jenis produk tenun.

Ketua Kelompok Mina Tenun Ani Apriani, di Kabupaten Lombok Tengah, Sabtu, mengaku berinisiatif memanfaatkan sampah plastik kresek dan plastik bekas kemasan tempe sebagai bahan baku karena ketersediaannya yang melimpah dan terbuang percuma.

Menurutnya, plastik tersebut dicampur dengan benang sehingga menjadi produk tenun dengan perbandingan 80 persen plastik dan 20 persen benang.

"Saya temukan banyak potensi di sini, kondisi sampah plastik kresek terbuang itu 80 persen kondisinya bersih, tapi karena dibuang akhirnya bercampur dengan sampah yang lain akhirnya jadi kotor," katanya.

Ia mengatakan uji coba menenun dengan bahan baku sampah plastik kresek dimulai sejak 2022. Namun, produksi dalam jumlah relatif banyak dimulai sebelum bulan puasa Ramadhan tahun 2023.

Jumlah anggota Kelompok Mina Tenun yang terlibat dalam proses produksi sebanyak 10 orang.

Semuanya adalah ibu-ibu dan anak remaja yang baru tamat SMA. Ada juga keterlibatan beberapa orang bapak-bapak dalam hal memintal sampah plastik kresek.

Dalam hal penyediaan bahan baku, kata Aini, pihaknya bekerja sama dengan Bank Sampah NTB Mandiri yang dikelola oleh Aisyah. Lembaga itu yang mengajak masyarakat untuk menabung sampah plastik kresek melalui drop boks yang disediakan.

"Kami menerima pasokan bahan baku sampah plastik kresek kering yang sudah dalam keadaan bersih sebanyak 10-20 kilogram per bulan," ujarnya.

Ia menyebutkan jenis produk tenun yang dihasilkan dari sampah plastik kresek berupa taplak meja, dompet dan sarung bantal. Produk tersebut dijual mulai dari harga Rp150 ribu hingga Rp175 ribu per buah.

Produk yang sudah jadi dipasarkan di galeri Bank Sampah NTB Mandiri di Kota Mataram. Kelompok memperoleh keuntungan 30-40 persen dari nilai jual masing-masing produk.

Menurut Aini, konsumen yang berminat terhadap tenun dari sampah plastik kresek tersebut tidak hanya orang lokal. Namun ada juga dari wisatawan mancanegara yang datang langsung ke galeri Bank Sampah NTB Mandiri.

"Bule-bule datang membeli langsung, ada dari Belanda, dari Australia dan beberapa negara lainnya. Kalau ekspor secara langsung belum," ucapnya.

Aini juga mengaku bisa memproduksi kerajinan tenun dari sampah plastik kresek berkat dukungan PT Pertamina Patra Niaga, melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Internasional Lombok (BIL), di Kabupaten Lombok Tengah.

"Dukungan dari Pertamina, tahun ini mengadakan workshop, pelatihan motif tenun tiga hingga empat kali. Kami panggilkan pelatih dan nanti difasilitasi juga terkait seragam dan lainnya karena ini program baru," katanya.

Operation Head DPPU BIL I Nyoman Ana menjelaskan program Kampung Tenun Wanita di Desa Sukarara tersebut hadir sebagai komitmen PT Pertamina Patra Niaga, DPPU BIL dalam menjaga dan melestarikan budaya.

Menurutnya, perkembangan zaman yang begitu cepat mempengaruhi pola hidup dan konsumsi masyarakat yang nantinya akan berpengaruh terhadap kondisi budaya dan lingkungan.

"Hal tersebut mendorong kami untuk berupaya mewujudkan sebuah program yang terintegrasi baik dari segi budaya, lingkungan maupun ekonominya," katanya.

Baca juga: Pertamina antarkan UMKM binaan juara kompetisi wirausahawan perempuan


Baca juga: Pertamina fasilitasi 50 UMKM binaan ikut asesmen sertifikasi halal

Pewarta: Awaludin
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023