Jakarta (ANTARA) - Anggota Tim Nasional (Timnas) Indonesia Dendy Sulistiawan yang juga personel Polri berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda), mengaku semakin percaya diri bermain di lapangan sejak dirinya menjadi anggota polisi.

Dalam keterangan tertulis Divisi Humas Polri yang diterima di Jakarta, Sabtu, Dendy menceritakan, menjadi anggota Polri tidak menjadi beban untuknya, justru memperkuat mental saat merumput bersama teman-teman Timnas Indonesia.

"Perbedaan pasti ada, sebagai anggota Polri dibimbing secara metal juga kan. Pengendalian emosi lebih bagus, mental bermain jadi bertambah," ujarnya.

Dendy bergabung menjadi anggota Polri lewat jalur prestasi. Ia masuk Sekolah Polisi Negara (SPN) pada tahun 2018.

Debut pertamanya sebagai pemain bola bermain untuk klub sepak bola Persela Lamongan, mengampu posisi striker atau penyerang. Kepiawaiannya bermain di lapangan membuatnya ditarik oleh Bhayangkara FC dan kini memperkuat tim asuhan Polri tersebut.

Prestasinya di bidang olahraga yang membuatnya bisa masuk anggota Polri lewat jalur prestasi.

Dendy mengatakan setiap kali akan bertanding kerap dilanda grogi, membuatnya tidak bisa tidur karena belum bisa mengendalikan emosi dan mentalnya.

Namun, berkat latihan terus-menerus dan pembinaan mental saat menjadi anggota Polri membuatnya semakin matang dan mampu mengendalikan grogi kala di bertanding di lapangan.

"Jadi nervous ada tapi sekarang enggak terlalu. Dulu sebelum jadi anggota enggak bisa tidur gitu, pengalaman di bola semakin banyak jadi semakin matang pengendalian emosi dan mental," ungkap Dendy.

Pria asal Lamongan itu mengaku Polri telah memberikan motivasi kepada personel yang juga berperan sebagai atlet baik cabang olahraga sepak bola maupun atlet lainnya untuk bisa berprestasi.

Menurut dia, para atasan dan pimpinan Polri terus memberikan motivasi kepada personel Polri yang menjadi atlet untuk bisa berprestasi, sehingga membawa nama Korps Bhayangkara semakin dekat dengan masyarakat.

"Dari instansi Polri mendukung keahlian kami maupun di olahraga dan maupun dimana saja, instansi Polri bisa lebih dekat dengan masyarakat," ujar pemain dengan nomor punggung 22 itu.

"Para komandan juga beri semangat kami juga, karena membawa nama instansi juga di olahraga di sepak bola Indonesia cukup banyak, dari komandan banyak suport lebih termotivasi," ucap Dendy.

Dendy yang saat ini berdinas di SDM Polres Lamongan itu pun bangga sebagai Polri bisa berkontribusi di Timnas Indonesia.

Sejak debut-nya di timnas senior pada 2022 lalu hingga kini, Dendy sudah tampil 11 kali pertandingan dan mencetak empat gol. Menjadi anggota Timnas Indonesia merupakan cita-citanya sejak kecil.

"Bangga-nya karena cita-cita dari kecil apalagi sekarang anggota Polri, jadi double bangga-nya, di sisi lain bisa membanggakan orang tua dan instansi Polri," tutup Dendy.

Dilansir dari laman Wikipedia, pria berpostur 176 cm itu tampil perdana untuk Timnas Senior Indonesia pada pertandingan persahabatan melawan Curacao pada 24 September 2022, dengan mencetak gol perdana untuk Indonesia pada kemenangan 2-1 atas Curacao.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023