Gresik, Jawa Timur (ANTARA) - Pelatih timnas Indonesia Alim Suseno mengaku buta dengan kekuatan Makau yang akan dihadapi pada laga perdana babak penyisihan Grup A kejuaraan bola voli putri AVC Challenge Cup 2023 di GOR Tridharma, Petrokimia Gresik, Minggu (18/6).

"Terus terang saya tidak tahu seperti apa kekuatan tim Makau. Saya juga sudah cari-cari video rekaman pertandingan mereka di YouTube, tapi nggak nemu," kata Alim saat ditemui ANTARA di Gresik, Jawa Timur, Sabtu.

Meski demikian, Alim tidak terlalu risau dengan situasi tersebut dan tetap meminta anak asuhnya tampil maksimal untuk meraih kemenangan di kandang sendiri.

"Kalau secara peluang sebenarnya ya fifty-fifty karena kita sama-sama tidak saling tahu kekuatan masing-masing. Tapi, saya optimistis anak-anak bisa memang," kata pelatih yang membawa tim putri meraih medali perunggu pada SEA Games 2023 di Kamboja.

Baca juga: Pertandingan Indonesia lawan Makau akan buka AVC Challenge Cup 2023

Pada ajang AVC Challenge Cup 2023, tim Indonesia juga berada satu grup dengan Filipina yang akan dihadapi pada Selasa (20/6).

Timnas Indonesia sudah sejak satu bulan terakhir menjalani pemusatan latihan intensif, termasuk selama sekitar dua pekan di Gresik. Sebagian besar materi timnas adalah pemain SEA Games 2023.

"Kondisi seluruh pemain bagus dan mereka sudah sangat siap bermain," tambah Alim yang sukses mengantar tim putri Bandung bjb menjuarai Proliga 2023.

Baca juga: Yolla Yuliana akui sempat sedikit kesulitan beradaptasi di timnas

Selain Indonesia, Makau, dan Filipina, ada delapan negara lain yang bersaing pada AVC Challenge Cup 2023, yakni Hong Kong, Taiwan, Iran, India, Australia, Uzbekistan, Mongolia, dan Vietnam.

Ke-11 negara itu dibagi menjadi empat grup. Jumlah peserta menjadi ganjil karena Kazakhstan memutuskan mengundurkan diri.

"Tim yang menjadi juara AVC Challenge Cup akan maju ke FIVB Challenge Cup. Kalau menang lagi masuk VNL (Volleyball Nations League)," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Imam Sudjarwo pada konferensi pers di Jakarta, Selasa (13/6).

Imam menargetkan tim Indonesia bisa menembus babak semifinal pada kejuaraan ini. Artinya, timnas harus mengalahkan Makau dan Filipina untuk menjadi juara umum.

Pelatih Alim Suseno sangat yakin Wilda Siti Nurfadilah dan kawan-kawan bisa merealisasikan target itu. "Insyaallah bisa lolos semifinal," kata pelatih asal Singosari, Malang, Jatim, itu.

Baca juga: PBVSI targetkan Indonesia masuk empat besar di AVC Challenge Cup 2023

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023