Sepanjang jalan, Ganjar dan TGB disalami oleh para santri. Lantunan salawat juga mengiringi langkah mereka menuju areal makam
Lombok Timur (ANTARA) -
Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tiba di Makam Pahlawan Nasional tempat almarhum Syekh Muhammad Zainuddin Abdul Majid, yang bersemayam di Jl. TGH. Zainuddin Abdul Majid, Pancor, Kec. Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu.
 
Berdasarkan pantauan ANTARA, Ganjar tiba pukul 13.36 WITA. Ia diantar langsung oleh Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.
 
Mereka menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 berkelir abu-abu dengan plat nomor polisi DR 27 EM. Ganjar dan TGB langsung memasuki area makam.
 
Ratusan santri dan pengikut TGB sudah menanti di lokasi tersebut.
 
Saat tiba, Ganjar langsung membuka pintu yang duduk di kursi depan. Di belakangnya, tampak Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat.
 
Tak berapa lama, TGB keluar dari kursi sopir menggunakan kopiah hitam dan baju putih. Tampak pula serban mengalungi leher Ketua Harian Partai Perindo itu.
 
Sepanjang jalan, Ganjar dan TGB disalami oleh para santri. Lantunan salawat juga mengiringi langkah mereka menuju areal makam.
 
Di area makam, sudah terdapat ratusan santri yang menunggu. Mereka lalu menuju area makam melakukan ziarah kubur.

Baca juga: Ganjar ajak pendukung terjun langsung bersama rakyat dengan humanis
Baca juga: Ganjar ajak PDIP NTB lawan politik identitas dengan program/gagasan
 
Sejumlah kiai, tuan guru, dan santri tampak sudah menunggu di sebuah masjid yang di depannya terletak makam Syekh Muhammad Zainuddin Abdul Majid.

Sebelumnya, bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo melanjutkan kunjungannya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (18/6) pagi.

Di Kota Seribu Masjid itu, Ganjar diagendakan mengikuti sejumlah kegiatan, di antaranya konsolidasi di Kantor DPD PDIP NTB, bersilaturahmi ke Kantor DPW PPP NTB, berziarah ke makam TGKH Zainuddin Abdul Madjid, dan berorasi di Lapangan Nasional.

Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat dalam keterangan resminya mengatakan kegiatan Ganjar diawali dengan memberikan arahan dalam agenda konsolidasi PDIP, lalu kemudian menuju Kantor DPW PPP NTB.

"Setelah itu, baru ke taman makam nenek Tuan Guru Bajang atau TGB yang merupakan pahlawan nasional. Setelah dari makam, baru ke Lapangan Nasional yang akan dihadiri 25 ribu hingga 28 ribu orang massa PDIP. Nanti ada relawan segala, mungkin akan lebih. Saya habiskan kekuatan saya untuk 28 ribu itu," ujar Rachmat.

Menurut Rachmat, Lapangan Nasional merupakan tempat yang sama mengantar Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) duduk menjadi kepala negara.

Baca juga: PDIP sebut orang NTB tak pandai bersyukur jika tak pilih Ganjar
Baca juga: Ganjar ajak para lelaki ungkapkan rasa cinta kepada keluarga

 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023