Jakarta (ANTARA/JACX) - Kabar bohong yang beredar pada pekan kedua Juni 2023, didominasi oleh isu-isu yang berkaitan dengan tokoh politik.

Ditengah hoaks politik itu, sosok Putri Ariani, yang mendapat perhatian publik setelah memenangkan Golden Buzzer dari produser rekaman Simon Cowell, turut menjadi korban informasi salah. 

Berikut kumpulan kabar bohong selama satu pekan terakhir yang dikemas tim redaksi ANTARA:

1. Duet Anies dan Airlangga

Calon presiden besutan Partai Nasdem Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto dideklarasikan oleh masing-masing partai sebagai pasangan di Pilpres 2024 pada 6 Juni.

Klaim tersebut dibagikan melalui sebuah video YouTube berdurasi delapan menit. 

Namun, judul dan isi di video YouTube itu ternyata berbeda. Bantahan lengkapnya dapat dibaca di sini.

2. Jokowi genius karena makan MSG

Foto Presiden Joko Widodo, yang sedang menunjukkan bungkus bumbu penyedap masakan atau monosodium glutamate (MSG), beredar di Facebook sejak awal Juni 2023.

Konten yang disebarkan di sebuh grup publik dengan sekira 8.200 peserta ini, memuat narasi berikut:
"Mau jenius seperti saya, minum selalu AJINOMOTO,".

Nyatanya, potret Kepala Negara memegang bungkus bumbu penyedap itu tidak ada, dan merupakan hasil suntingan. Foto aslinya dapat ditelusuri dalam laporan berikut.

3. Masyarakat Indonesia tanpa Pertalite

Kabar adanya aturan baru pada 2023, yang melarang seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan bahan bakar jenis Pertalite, dibagikan pemilik kanal YouTube dengan 321.000 pengikut.

Tertera pula nama-nama pabrikan motor yang dilarang mengisi bahan bakar minyak (BBM) dengan RON 90 itu.

Ternyata, unggahan informasi tersebut menyadur artikel milik salah satu media daring. Pelansiran berita tersebut disertai kabar salah. Berikut hasil penelusurannya.

4. "Loneliness" milik Putri Ariani dibeli Simon Cowell 

Sebuah unggahan video di media sosial Facebook menarasikan lagu Loneliness, yang dinyanyikan Putri Ariani, telah dibeli oleh produser sekaligus juri America's Got Talent 2023 Simon Cowell sebesar Rp7 triliun.

“Simon Cowell beli lagu putri ariani sebesar 7 triliun Ditelephone langsung oleh pak dubes Indonesia untuk Amerika,” demikian isi klaim yang dibagikan di Facebook.

Namun, konten itu ternyata sama sekali tidak terkait dengan pembelian lagu Putri Ariani. Laporan selengkapnya dapat dibaca di sini.

Cek fakta: Hoaks! Jokowi tetapkan batas usia pensiun PNS 50 tahun

Cek fakta: Hoaks! Video Puan tawarkan diri jadi Cawapres Anies

Baca juga: Jokowi ingin undang Putri Ariani menyanyi saat HUT RI di Istana


 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023