korban sudah dalam kondisi kelelahan berenang
Kupang (ANTARA) - Arsenius Rusman seorang remaja 18 tahun, tenggelam saat berenang di Danau Rana Kulan, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu.

"Kami menerima informasi tentang seorang pemuda tenggelam di Danau Rana Kulan dari BPBD Kabupaten Manggarai Timur. Tim SAR sedang dalam perjalanan ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere Mexianus Bekabel.

Ia mengatakan korban warga Kelurahan Golo Wangkung, Kecamatan Congkar saat itu sedang berwisata bersama keluarga dan sejumlah rekan korban.

Saat tiba di lokasi wisata itu, korban langsung masuk ke dalam Danau Rana Kulan untuk berenang dengan jarak yang cukup jauh.

Beberapa teman korban sempat melihat Arsenius Rusman sudah dalam kondisi kelelahan sehingga sejumlah teman korban berupaya untuk melakukan pertolongan namun karena posisi korban terlalu jauh ke tengah danau sehingga tidak bisa dijangkau oleh teman-teman yang hendak menolong korban.

"Teman yang melihat korban sudah dalam kondisi kelelahan berenang sempat berusaha untuk menolong tapi tidak bisa mencapai korban karena jarak korban terlalu jauh," kata Mexianus Bekabel.

Baca juga: Tim SAR cari satu wisatawan yang tenggelam di Danau Situ Datar Pangalengan
Baca juga: Dua bocah tewas tenggelam di danau buatan Pulo Gebang


Ia menjelaskan tim SAR dari Pos SAR Labuan Bajo telah bergerak menuju lokasi kejadian untuk melakukan upaya pencarian dan pertolongan terhadap korban.

Menurut dia tim SAR dari Pos SAR Manggarai Barat berjumlah empat orang dilengkapi rubber boat dan peralatan untuk mendekteksi korban di bawah air dengan radius mencapai kedalaman 50 meter serta perlengkapan selam.

Dia menambahkan tim SAR diperkirakan tiba di lokasi Danau Rana Kulan sekitar pada Senin (19/6) pukul 03.40 wita dini hari.

"Tim SAR langsung akan bergabung dengan tim SAR gabungan di Kabupaten Manggarai Timur untuk melaksanakan Operasi SAR pencarian korban," katanya.

Baca juga: Dua wisatawan meninggal tenggelam di Danau Situgunung Sukabumi
Baca juga: Bocah tenggelam di Danau Sunter saat bermain di area dilarang berenang
Baca juga: Tim SAR cari pemuda yang tenggelam di Situ Cileunca Bandung

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023