Jakarta (ANTARA) - Italia mengamankan peringkat ketiga UEFA Nations League usai mempermalukan Belanda dengan skor 3-2 pada partai perebutan tempat ketiga di Stadion De Grolsch Veste, Enschede, Belanda, Minggu.

Kemenangan Italia pada pertandingan ini hadir berkat gol Federico Dimarco, Davide Frattesi dan Federico Chiesa, sedangkan Belanda sempat membalas melalui Steven Bergwijn dan Georginio Wijnaldum, demikian catatan UEFA.

Ini merupakan tempat ketiga kedua Italia pada ajang UEFA Nations League 2021, sedangkan Belanda pencapaian terbaik sebelumnya adalah posisi kedua pada edisi 2019.

Pada pertandingan ini Belanda tercatat tampil dominan dengan menorehkan 61 persen penguasaan bola dan melepaskan 19 tendangan yang enam di antaranya tepat sasaran.

Di sisi lain, Italia mampu tampil efektif meski kalah dalam penguasaan bola dan mampu memaksimalkan tiga tendangan tepat sasaran menjadi gol.

Baca juga: Kalahkan Italia 2-1, Spanyol bertemu Kroasia di laga final

Pada babak pertama Italia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan berhasil mencetak gol pada menit ke-6 berkat gol yang dicetak Federico Dimarco.

Berawal dari umpan yang dikirimkan Giacomo Raspadori, Dimarco mampu mengamankan bola dan langsung melepaskan tendangan yang membobol gawang Belanda sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Selanjutnya Italia mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-20 melalui tendangan kaki kiri yang dilepaskan Davide Frattesi sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol, Belanda sempat memberikan ancaman melalui tendangan Cody Gakpo, namun upaya pemain Belanda tersebut masih belum menemui sasaran. Skor 2-0 untuk keunggulan Italia bertahan hingga babak pertama usai.

Selanjutnya pada babak kedua Belanda berupaya untuk memperkecil ketertinggalan dan mampu membobol gawang Italia melalui gol yang dicetak oleh Steven Bergwijn sehingga skor berubah menjadi 1-2.

Baca juga: Kroasia melaju ke final UEFA Nations League seusai bungkam Belanda 4-2

Setelah berhasil memperkecil ketertinggalan, Belanda malah kembali kebobolan oleh Italia melalui gol yang dicetak Federico Chiesa memanfaatkan umpan Frattesi sehingga skor berubah menjadi 3-1 pada menit ke-72.

Penyerang Belanda Wout Weghorst sempat berhasil membobol gawang Italia, akan tetapi gol tersebut dianulir oleh VAR karena terjadi offside terlebih dahulu.

Menit terakhir babak kedua, Belanda dapat memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 melalui gol Georginio Wijnaldum setelah memanfaatkan umpan Joey Veerman.

Pada sisa waktu pertandingan, Belanda terus berupaya mencari gol penyeimbang, namun hingga peluit panjang berbunyi, skor 3-2 untuk kemenangan Italia tetap bertahan.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023